SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia Bima Sakti mengaku terharu melihat dukungan suporter Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (25/11/2018), ketika skuatnya menghadapi Filipina dalam laga terakhir Grup B Piala AFF 2018.

Dengan kalimat terpatah-patah karena menahan haru, Bima mengutarakan rasa bahagianya dengan kehadiran lebih dari 15.000 suporter Indonesia. Suporter tetap hadir meski sebelum laga skuat berjuluk tim Garuda sudah dipastikan tidak lolos ke semifinal Piala AFF 2018.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya sangat terharu. Bahkan tadi terbentang bendera Merah Putih besar sebagai tanda dukungan untuk kami,” ujar Bima Sakti dalam konferensi pers usai pertandingan kontra Filipina yang berakhir dengan skor 0-0.

Suporter Indonesia yang hadir di SUGBK memang tampil total dalam memberikan dukungan kepada timnas Indonesia di tengah adanya gerakan memboikot pertandingan timnas yang berembus melalui media sosial. Sejak kekalahan pertama di Grup B Piala AFF 2018, muncul seruan melalui tagar #kosongkangbk.

Mereka datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Para pencinta tim nasional Indonesia ini bahkan membawa bendera Merah Putih yang ukurannya sampai menutupi tribun selatan SUGBK. Adapula gambar Garuda setinggi bendera lengkap dengan tulisan “Bhinneka Tunggal Ika” di bawahnya.

Tak jauh dari posisi bendera arah ke barat, ada spanduk berukuran raksasa bertuliskan “Menang Ku Sanjung Kalah Ku Dukung” yang dibentangkan para suporter. “Menurut saya itu bentuk harapan dari masyarakat pencinta sepak bola agar timnas bisa berprestasi di masa depan. Semoga ini menjadi motivasi kebangkitan sepak bola Indonesia,” tutur Bima.

Ucapan terima kasih kepada suporter juga disampaikan oleh pemain sayap Indonesia Riko Simanjuntak. “Saya sangat mengapresiasi dukungan suporter yang datang meski ada ajakan kosongkan GBK. Saya berharap dukungan seperti ini terus ada untuk tim nasional,” tutur Riko yang dalam laga Indonesia kontra Filipina dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Laga terakhir Grup B Piala AFF 2018 tim nasional sepak bola Indonesia — yang sudah dipastikan tersingkir dari turnamen — versus Filipina Minggu malam berakhir seri dengan skor 0-0. Hasil ini membuat Filipina lolos ke semifinal Piala AFF 2018 sebagai peringkat kedua grup. Mereka mendampingi juara Grup B Thailand yang di laga lain menaklukkan Singapura dengan skor 3-0 di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya