Tutup Iklan

Superman Dikisahkan Biseksual, Begini Sambutan di Indonesia

Jika di Melbourne dan negara-negara lainnya menerima kabar Superman adalah seorang biseksual, tidak halnya dengan di Tanah Air.

 Superman. (AlgoaFM)

SOLOPOS.COM - Superman. (AlgoaFM)

Solopos.com, SOLO-Jika di luar negeri disambut dengan baik, lain halnya dengan kehadiran Superman DC Comics ini justru terancam pemboikatan di Indonesia. Perusahaan buku komik tersebut baru-baru ini mengeluarkan cerita baru yang menampilkan Superman menjadi seorang biseksual.

Pemboikotan Superman di Indonesia terkait identitas biseksual Jon Kent. Hal ini terungkap dalam edisi kelima seri komik Superman: Son of Kal-El. Dalam komik, Clark Kent menyerahkan jubah Superman kepada putranya agar menjadi penyelamat di bumi. Setelah itu, DC Comics membuat pengumuman di perayaan nasional tahunan Coming Out Day atau Hari Kesadaran LGBT di AS, mereka merilis Jon Kent sebagai penyuka sesama jenis.

Dalam komik, Jon Kent diketahui menjalin hubungan biseksual. Dia bersahabat dengan Jay Nakamura seorang reporter berkacamata dan punya rambut berwarna merah muda.

Baca Juga: Seperti Melody eks-JKT48, Para Artis Ini Tertipu Saat Beli Tas Branded

“Setelah Jon terbakar secara mental dan fisik karena mencoba untuk menyelamatkan semua orang yang dia bisa. Superman dan Jay Nakamura berpelukan,” tulis DC Comics sebagai bocoran untuk edisi kelima yang terbit di November 2021.

Penulis Superman: Son of Kal-El, Tom Taylor, turut menanggapi respons warganet setelah DC Comics mempublikasi identitas dari Jon Kent. “Orang-orang menghubungi saya dari mana-mana dan mengatakan mereka melihat berita utama dan menangis. Mereka tidak pernah membayangkan bahwa Superman dapat mewakili mereka,” ungkap Tom Taylor ketika diwawancarai radio Australian Broadcasting Corp, seperti dilansir dari AFP seperti dikutip dari Detik.com, Jumat (15/10/2021).

Tom Taylor banyak diwawancarai media di kota kelahirannya, Melbourne, Australia, usai pemberitaan mengenai Superman terbaru adalah penyuka sesama jenis.

Bahkan Tom Taylor juga mengaku mendapatkan pesan dari masyarakat queer yang lebih tua dan mengatakan betapa mereka bersyukur dengan identitas LGBT dari superhero DC tersebut. “Betapa mereka bersyukur generasi ini memiliki representasi superhero seperti itu. Mereka hanya berharap ketika masih muda, isu LGBT akan lebih diterima,” katanya.

Sayangnya respons tak senada terjadi di Indonesia. Jika di Melbourne dan negara-negara lainnya menerima kabar Superman adalah seorang biseksual, tidak halnya dengan di Tanah Air.

Baca Juga: Joko Anwar dan BumiLangit Garap Tira untuk Disney+ Hotstar

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mewaspadai peredaran komik tersebut di Indonesia.  “Isu orientasi seksual LGBT yang dikemas dalam bentuk comics tentunya perlu diwaspadai dampaknya pada masyarakat, khususnya anak-anak,” kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA, Nahar melalui keterangan tertulis, Jumat (15/10/2021).

Nahar khawatir karakter Superman biseksual dalam komik itu ditiru dan menjadi perilaku sehari-hari anak. Sebab menurutnya, bisa saja karakter biseksual itu terekam dalam pikiran anak-anak sehingga terdoktrin.

“Dikhawatirkan nilai-nilai LGBT yang tidak sesuai dengan norma agama atau nilai yang dianut sebuah keluarga kemudian terekam dan terinternalisasi dalam diri anak, sehingga anak akan menganggap hal demikian adalah hal yang lucu, wajar kemudian ditiru dan menjadi perilaku sehari-hari,” ujarnya.

Baca Juga: Berpenampilan Plontos, Rambut Deddy Corbuzier Tidak Bisa Tumbuh?

Sementara Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan pemboikatan atas komik buatan DC Comics tersebut. Dirinya mengatakan, karakter Supermen sebagai biseksual berbahaya dan bisa merusak generasi bangsa. Dia khawatir tayangan atau serial komik tersebut dikonsumsi oleh anak-anak di Indonesia. “PPP mendesak pemerintah memboikot produk dari penerbit DC Comics yang telah mengumumkan tokoh baru Superman dalam komiknya sebagai pria biseksual,” kata Baidowi, seperti dikutip dari Bisnis.com, Jumat (15/10/2021).

Tak sampai di situ, Baidowi pun mengecam DC Comics untuk tak merilis cerita Superman biseksual. Sebagai partai yang berasaskan Islam, kata Baidowi, PPP menilai biseksual sebagai perbuatan buruk dan keji (fahisyah). Bukan cuma meminta boikot komik Superman teranyar, Baidowi juga mendesak pemerintah tegas memblokir setiap tayangan yang menggambarkan  Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT).


Berita Terkait

Berita Terkini

Jennifer Bachdim Batalkan Liburan ke Belanda, Ini Penyebabnya

Setelah sampai Jakarta, Jennifer Bachdim justru batalkan rencana liburan ke Belanda.

Ludivine Sagnier Bergabung dengan Serial Netflix Lupin

Dalam serial Netflix Lupin, Ludivine Sagnier berperan sebagai Claire

Pernah Bikin Es Krim dari BTS Meal, Kini Sisca Kohl Luncurkan Lagu Baru

Sisca Kohl coba merambah dunia tarik suara dengan meluncurkan lagu baru berjudul Mari Kita Coba.

Para Artis Ini Tetap Terlihat Cantik Setelah Melahirkan Anak

Sejumlah artis tetap terlihat cantik dan segar setelah mereka melahirkan anak.

Harga Outfit Anak Raffi Ahmad Bikin Warganet Jantungan

Berikut ini daftar merek outfit dan perlengkapan anak Raffi Ahmad, Baby R, lengkap dengan harganya yang bikin warganet terkagum-kagum.

Komik Polisi Makin Digemari, Jumlah Pengikuti Bertambah

Untuk itu, dalam berkontribusi mengisi perkembangan seni kreatif tersebut, pada tahun 2015 Komik Polisi hadir di tengah masyarakat.

Nicky Tirta Dikabarkan Meninggal Dunia, Ini Faktanya

Bukan hanya Nicky Tirta, sebelumnya ada sejumlah artis Tanah Air juga pernah dikabarkan meninggal dunia.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akan Publikasikan Wajah Baby R di Sini

Sejak lahir baik Raffi Ahmad maupun Nagita Slavina tidak pernah publikasikan wajah Baby R baik di  televisi maupun di media sosial milik mereka.

Ini Tantangan Besar Najwa Shihab dalam Berkarier, Apa Saja?

Selain mengungkapkan tantangan besar dalam karier, Najwa Shihab juga mengakui perasaannya kala mendapatkan rapor merah.

Drakor Happiness Gambarkan Aneka Tipe Manusia di Masa Pandemi

Drama Korea Happiness memberi banyak pesan moral bagi kita semua, termasuk gambaran tipe manusia dalam menghadapi situasi sulit seperti pandemi Covid-19 ini.

Raffi Ahmad Raih Penghargaan di SCTV Awards, Dedikasikan untuk Baby R

Meraih penghargaan sebagai Presenter Paling Ngetop di SCTV Awards 2021 ini, Raffi Ahmad tak dapat menyembunyikan bahagianya.

Ikatan Cinta 27 November 2021: Diciduk Al, Iqbal Keceplosan Soal Irvan?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Sabtu, 27 November 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Ini dia daftar pemenang lengkap dengan nominasinya SCTV Award 2021 yang baru saja digelar pada Jumat, 27 November 2021.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (27/11/2021), Ini Film yang Tayang

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Sabtu, 27 November 2021 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Banyak film seru!

Lirik Lagu Rungokno Aku - Ndarboy Genk feat Denny Caknan

Berikut ini lirik lagu Rungokno Aku dari Ndarboy Genk feat Denny Caknan, yang telah tayang pada Jumat, 26 November 2021 di Youtube.

Bukan Hanya Wajah, Warganet Juga Penasaran Nama Baby R

Nama anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang saat ini disebut Baby R sukses bikin penasaran warganet.