SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Super komputer China masuk peringkat kedua mesin tercepat mengalahkan sistem Eropa dan Jepang. China diramalkan akan memiliki super komputer tercepat.

Dawning Nebulae yang ada di National Supercomputing Center di Shenzhen China mencapai kecepatan komputasi sebesar 1,27 petaflops, setara dengan seribu triliun operasi matematis setiap detik, dalam peringkat terbaru 500 komputer tercepat di dunia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peringkata tersebut dipublikasikan untuk umum pada Senin (31/5) lalu di International Supercomputer Conference, Hamburg, Jerman.

Supercomputer digunakan oleh para ilmuan dan ahli untuk mengatasi masalah yang beragam, seperti simulasi cuaca ataupun mendesain otomotif. Komputer tercepat di dunia saat ini adalah supercomputer Cray Jaguar yang berbasis di Oak Ridge National Laboratory, Tennesssee. November lalu, komputer ini telah diukur sebedar 1,74 petaflops.

Dalam urutan peringkat di tahun sebelumnya, China berada di posisi ke lima untuk komputer tercepat, sebuah sistem yang berbasis di National Supercomputing Center di Tianjin, China, di mana mesin tersebut berada di peringkat tujuh saat ini.

Amerika Serikat tampak masih mendominasi superkomputer, di mana negara ini dengan mesin paling banyak dalam daftar 500 teratas. Amerika Serikat memiliki 282 superkomputer yang masuk ke dalam daftar 500 komputer tercepat di dunia, dan jumlah ini meningkat dari 227 saat ranking ini digabungkan pada November lalu.

Di lain pihak, China tampaknya secara intens menantang dominasi Amerika. Telah ada beberapa perkiraan China akan membuat sistem yang berbasis komponen yang didesain di China pada Juni nanti. Nebule berdasarkan chip dari Intel dan Nvidia.

Sistem baru ini –berbasis pada mikroprosessor yagn didesain dan diproduksi di China- yang diharakan selesai pada akhir tahun. Menurut ahli dan peneliti, mesin baru itu bisa menjadi mesin tercepat di dunia.

“Saya tidak akan terkejut jika di akhir tahun ini mereka melebihi kekuataan komputer ilmiah dari negara gabungan di Eropa dan mendapatkan posisi pertama di 500 besar,” kata Jack Dongarra, ilmuwan komputer di University of Tennessee dan salah satu peneliti yang menyusun peringkat tersebut dua kali dalam setahun.

inilah/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya