Super Ketat, Begini Pengamanan Acara Penutupan APG 2022 di Solo

Polresta Solo menerapkan pengamanan super ketat untuk acara penutupan ASEAN Para Games atau APG 2022 di Stadion Manahan yang akan dihadiri Presiden Jokowi.

 Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLOPolresta Solo menerapkan pengamanan yang ekstra ketat pada acara closing ceremony atau penutupan ajang ASEAN Para Games atau APG 2022 di Solo, Sabtu (6/8/20220 ini. Kehadiran Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada acara itu menjadi salah satu alasan ketatnya pengamanan.

Polresta akan menyiapkan tiga ring penjagaan untuk mengawal penutupan Asean Para Games 2022 yang akan digelar di Stadion Manahan. Sebanyak 2.137 personel gabungan akan disiagakan di lokasi.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Tim gabungan tersebut terdiri dari Polri, TNI, dan Pemerintah Kota Solo. Dalam keterangan pers tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis (4/8/2022), Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan pengamanan APG 2022 akan mengerahkan personel gabungan.

“Dalam rangka untuk mengamankan penutupan Asean Para Games tersebut, kami akan menyiapkan 2.137 personel yang terdiri dari gabungan Polri maupun TNI termasuk dengan kolaborasi Pemerintah Kota Solo,” ujar Ade lewat siaran pers tersebut.

Kedatangan Presiden Jokowi yang merupakan tamu VVIP membuat pengamanan dibagi menjadi tiga ring. Pertama di dalam Stadion Manahan, ring kedua di area parkir Stadion Manahan, dan ring ketiga pagar luar sepanjang Stadion Manahan.

Baca Juga: BCL Bantah Tampil di Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022

“Selain tiga ring tersebut kami juga akan menerjunkan lima tim gabungan dari Polri, TNI dan Pemerintah Kota Solo yang akan memonitor keamanan dan ketertiban masyarakat. Lalu keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas baik sebelum, saat, maupun setelah acara,” tambah Ade Safri.

Kepulangan Atlet

Sedangkan untuk pengamanan kepulangan atlet APG 2022 seusai penutupan, Polresta Solo akan menerapkan pengamanan khusus atlet pada Minggu (7/8/2022). Selama penyelenggaraan APG 2022, Polresta Solo terus melakukan pengawalan bukan hanya atlet namun juga ofisial.

“Tanggal 7 Agustus 2022 schedulnya para atlet akan kembali ke negara asal. Tidak ada penutupan jalan maupun rekayasa lalu lintas saat kedatangan tamu VVIP. Semuanya tetap berlaku normal namun kami perkuat pada rute-rute yang dilalui,” ungkap Kapolresta.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Hadiri Closing Ceremony APG 2022, Catat Tanggalnya

Bagi tamu undangan yang akan masuk ke Stadion Manahan juga akan menjalani pengecekan ketat, baik tamu hingga barang bawaan diperiksa oleh petugas di pintu masuk. Petugas pemeriksa ini juga gabungan dari Polri, TNI, dan Pemkot Solo.

“Kemudian yang kedua kami juga akan melakukan penggeledahan semua bawaan keseluruhan para tamu yang masuk ke Stadion Manahan terkait barang yang dilarang seperti korek api, flash, laser point, serta barang berbahaya lainnya,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Malam Puncak Grand Final Putra Putri Solo 2022, Meriah tapi Khidmat

    Malam puncak grand final pemilihan Putra Putri Solo 2022 di Balai Kota Solo berlangsung meriah dihadiri Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire.

    Kisah Sukses Penjual Kesemek Selo Boyolali, Tembus Pasar Singapura

    Kisah sukses ini berasal dari Rina dan keluarganya di Desa/Kecamatan Selo, Boyolali yang kesehariannya berjualan buah kesemek.

    Alasan DLH Solo Usulkan CFD Tanpa Pedagang, Hanya Masalah Sampah?

    Persoalan rendahnya kesadaran pedagang dan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu alasan DLH Solo usulkan CFD tanpa pedagang.

    Bakal Ditutup Total 3 Bulan, Begini Pengaturan Lalin Simpang Joglo Solo

    Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas saat simpang Joglo, Banjarsari, Solo, ditutup total selama tiga bulan.

    Jadi Ikon Desa! 14 Kelompok Ikuti Festival Gejog Lesung Barepan Klaten

    Sebanyak 14 kelompok mengikuti Festival Gejog Lesung yang digelar di Pendapa Alun-alun Barepan, Kecamatan Cawas, Klaten, Minggu (7/8/2022) siang.

    Wah, Pelopor Karawitan Jangglengan Sukoharjo Ternyata Penjual Bakso

    Munculnya kelompok karawitan di Desa Jangglengan, Nguter, Sukoharjo, dipelopori oleh seorang warga yang pernah merantau di Bandung sebagai penjual bakso.

    Simpang Joglo Solo Ditutup 3 Bulan untuk Rel Layang, Catat Jadwalnya!

    BTP Jabagteng telah menyiapkan linimasa pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, yang salah satunya berdampak penutupan total simpang tujuh itu selama tiga bulan.

    Pengumuman! Ndarboy Genk Manggung di Stadion Trikoyo Klaten Malam Ini

    Ruas Jl. Pemuda Klaten bakal diberlakukan dua arah, Minggu (7/8/2022) pukul 18.00 WIB-24.00 WIB.

    Ini Tren Make Up yang Digandrungi Kawula Muda di Sragen

    Paguyuban Perias Widuri Sragen menyebut jenis make up yang menjadi tren dan digandrungi kawula muda di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

    Minim Siswa, SMP Negeri di Jumapolo-Jatipuro Karanganyar bakal Digabung

    Pemkab Karanganyar berencana me-regrouping atau menggabungkan sejumlah SMP negeri di dua kecamatan di Kabupaten Karanganyar.

    DLH Usulkan CFD Solo Tanpa Pedagang, Menurutmu Bagaimana Lur?

    DLH Solo mengusulkan penyelenggaraan Car Free Day atau CFD di Jl Slamet Riyadi tanpa pedagang, paling tidak satu kali dalam sebulan.

    Menhub dan Gibran Cek Simpang Joglo Solo: Waspadai Titik Macet Baru!

    Menhub Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengecek progres pekerjaan di lokasi proyek rel layang Simpang Joglo.

    2 Ular Masuk Rumah dalam Sepekan, Begini Pesan Damkar Karanganyar

    Petugas pemadam kebakaran atau Damkar Satpol PP Karanganyar di Jawa Tengah mendapatkan dua permintaan mengevakuasi ular dalam satu pekan ini.

    Ini Kuliner Enak di Dekat Stasiun Wonogiri

    Di dekat Stasiun Wonogiri terdapat kuliner khas yang patut dicoba para wisatawan yang berkunjung setempat.

    2 Warga Sragen Meninggal Positif Covid-19 dalam Sepekan

    Dua warga Kabupaten Sragen, Jawa Tengah meninggal terkonfirmasi positif Covid-19 selama satu pekan ini.

    Keren! Perwira TNI Bikin Lagu Dangdut, Syuting Klip Video di Kartasura

    Seorang perwira TNI AU yang masih aktif bertugas membuat lagu dangdut dengan menggandeng penyanyi asal Banyuwangi dan saat ini sudah proses syuting klip video.