Super Kakap, Inilah Investor AS yang akan Guyur Blora Triliunan Rupiah

Air Products & Chemicals merupakan perusahaan pengolahan gas dan kimia asal Amerika yang berdiri sejak 1940 dengan total kapitalisasi pasar US$55 miliar atau setara Rp806 triliun.

 Ilustrasi pabrik Air Products. (airproducts.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pabrik Air Products. (airproducts.com)

Solopos.com, SOLO — Pertemuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Chairman dan CEO Air Products, Seifi Ghasemi, di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022), membahas rencana investasi senilai $15 miliar atau setara Rp219 triliun. Ada banyak proyek investasi Air Products di Indonesia, salah satunya industri atau pabrik metanol di Cepu, Blora, Jawa Tengah.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan Air Products telah merealisasikan tahap pertama investasi sebesar US$ 7 miliar atau Rp 102,4 triliun. Investasi itu untuk proyek DME metanol di Balongan.

PromosiDi Balik Mistis Alas Donoloyo Wonogiri dan Pohon Jati Ratusan Tahun

Selain itu, Air Products berencana membangun industri atau pabrik metanol di Cepu, Blora. Sisanya, perusahaan akan merealisasikan investasi untuk proyek hidrogen dengan memanfaatkan bendungan-bendungan yang ada di Indonesia.

Bahlil juga menyebut Air Products berencana membangun hilirisasi industri di bidang petrokimia. “Sekarang tugasnya adalah pemerintah Indonesia harus segera mengeksekusi. Karena uangnya sudah ada, project-nya sudah ada,” kata Bahlil seusai pertemuan sebagaimana dikutip dari laman Sekretarit Kabinet.

Diketahui, pada 4 November 2021, Air Products telah menandatangani MoU menggandeng BUMN dan perusahaan nasional untuk empat proyek. Kerja sama ini mencakup proyek batu bara menjadi DME bersama PT Indira Energy Tbk dan proyek gas alam menjadi amonia biru dengan PT Butonas Petrochemical Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Investor Kakap, Daerah di Jateng Ini akan Diguyur Triliunan Rupiah

Kemudian, proyek batu bara menjadi DME dengan PT Batulicin Enam Sembilan dan proyek gasifikasi batu bara untuk produksi metanol dengan PT Bukti Asam. Salah satu realisasi investasi itu telah diawali dengan prosesi peletakan batu pertama proyek hilirisasi batu bara menjadi DME di Muara Enim, Sumatra Selatan, pada 24 Januari 2022.

Air Products & Chemicals merupakan perusahaan pengolahan gas dan kimia asal Amerika yang berdiri sejak 1940. Air Products diketahui merupakan perusahaan publik dengan total kapitalisasi pasar US$55 miliar atau setara Rp806 triliun. Perusahaan asal Amerika Serikat ini memiliki lini bisnis perdagangan gas dan kimia untuk kebutuhan industri.

Perusahaan yang tercatat di Bursa New York (NYSE) dengan kode saham APD tersebut telah berekspansi ke 50 negara di dunia. Air Products telah memiliki pengalaman kurang lebih selama 40 tahun dalam menjalani bisnis penjualan LNG.

Untuk proyek DME, pada Juli 2008 Air Product meneken kontrak dengen Weihe Clean Energy Company Limited, anak perusahaan dari Shaan’xi Weihe Coal Chemical Group Ltd, salah satu produsen pupuk dan metanol berbasis batu bara terbesar di China.

Baca Juga: Bikin Kaget! Daerah Tersepi di Jateng Diguyur Investor Triliunan Rupiah

Air Products dipilih untuk memasok oksigen gas di tempat dan nitrogen untuk proyek batu bara ke bahan kimia fase tiga di Weinan Hi-Tech Zone (WHTZ) di Kota Weinan, Provinsi Shaan’xi, China Barat. Dalam perjanjian itu, Air Products mengoperasikan air separation unit (ASU) yang akan memproduksi 2.000 ton oksigen per hari.

Selain itu, Air Products akan memasok gas curah cair ke pasar pedagang di sekitar Xi’an. Dalam keterangan resmi Air Product dijelaskan bahwa Weihe Clean Energy Company Limited adalah anak perusahaan yang didirikan oleh Shaan’xi Weihe Coal Chemical Group Ltd.

Adapun yang pada saat itu memproduksi metanol dan dimetil eter (DME) dan akan menghasilkan metanol, asam asetat, dan asetat anhidrida dalam proyek ekspansi fase tiga.

Weihe akan menggunakan oksigen bertekanan tinggi dalam proses gasifikasi batu bara untuk menghasilkan syngas (gas sintesis), yang selanjutnya dapat dipisahkan menjadi karbon monoksida (CO) dan hidrogen.

Baca Juga: Blora, Kabupaten Tersepi di Jateng Tapi Kaya Minyak

Syngas, CO dan hidrogen adalah prekursor penting untuk menghasilkan bahan kimia dasar lainnya seperti amonia, metanol dan asam asetat, yang sangat penting dalam produksi berbagai produk termasuk cat, perekat, plastik, bahan konstruksi dan ratusan produk lainnya.

Sumber: Antara, Bisnis.com

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

+ PLUS Aksi Gladiator Rampokan Macan, Satu Penyebab Punahnya Harimau Jawa

Aksi pertarungan antara manusia dengan hewan sebagai tontonan publik layaknya gladiator pernah berlangsung di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur pada abad ke-17 hingga awal abad ke-20, berjuluk Rampokan Macan yang diduga menjadi salah satu penyebab menyusutnya populasi hingga punahnya harimau Jawa.

Berita Terkini

Harimau Dikabarkan Muncul di Banjarnegara, Ini Kata BKSDA Jateng

Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Provinsi Jawa Tengah atau Jateng tengah menyelidiki informasi terkait kemunculan harimau di area persawahan di Kabupaten Banjarnegara.

Jembatan Juwana Pati Terbakar Hebat, Begini Kondisinya

Begini kondisi jembatan Juwana di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang terbakar pada Minggu (22/5/2022) dini hari.

Jadi Kota Tertua di Jawa, Ternyata Salatiga Punya Kuliner Zaman Mataram

Menjadi kota tertua di Pulau Jawa, Salatiga ternyata mempunyai kuliner legendaris yang sudah eksis sejak zaman Mataram hlo.

Daftar Kota Tertua di Jawa Tengah, Nomor 1 Salatiga

Berikut daftar kabupaten dan kota tertua di Jawa Tengah (Jateng), di mana urutan pertama ditempati Kota Salatiga.

Investasi Rp1 T Masuk Batang Awal Tahun,Didominasi Proyek Listrik & Gas

Nilai realisasi investasi yang masuk di Kabupaten Batang pada triwulan pertama 2022 mencapai Rp1 triliun.

Catat!Jalan Alternatif Ini Disiapkan saat Perbaikan Jalur Pantura Demak

Proyek perbaikan Jalur Pantura di Demak akan berlangsung mulai Senin (23/5/2022) hingga Sabtu (4/6/2022).

Jokowi & Ganjar Hadir di Rakernas Projo V, Sudah Ada Nama Capres 2024?

Rakernas V Sukarelawan Projo di Balkondes Ngargogondo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah belum menghasilkan nama calon presiden yang akan didukung pada Pemilu 2024.

Tragedi Desa yang Hilang Akibat Gas Beracun Kawah Sinila Dieng

Desa Kepucukan atau Kaputjukan, Kecamatan Batur, Banjarnegara dihapuskan dan dihilangkan setelah terjadi tragedi letusan Kawah Sinila, bersama Kawah Sigludug, Dieng, yang mengakibatkan 147 jiwa melayang akibat gas karbondioksida yang terlepas ke udara.

Salatiga Kota Tertua di Pulau Jawa, Begini Sejarahnya

Tahukah Anda jika Kota Salatiga di Jawa Tengah adalah kota tertua di Pulau Jawa?

Misteri Harimau Jawa: Sudah Punah, Tapi Diklaim Masih Ada di Jateng

Kisah misteri tentang keberadaan harimau Jawa yang diklaim masih ada meskipun sudah dinyatakan punah.

Viral di Medsos, Remaja Tawuran di Jepara Akhirnya Damai

Aksi tawuran sejumlah pemuda di Jepara yang terekam dalam video viral di media sosial akhirnya berujung damai.

Harimau Berkeliaran di Sawah Banjarnegara Termasuk Hewan Jawa Langka?

Apakah kawanan harimau yang muncul di areal persawahan warga Banjarnegara, Jawa Tengah, merupakan spesies langka yang sudah punah?

Ini Dia Sosok Penjabat Bupati Jepara yang Gantikan Dian Kristiandi

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jateng, Edy Supriyanta, ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Bupati Jepara menggantikan Dian Kristiandi yang masa jabatannya berakhir pada Minggu (22/5/2022).

Buruh Berdemo Tolak Perusahaan Asing Masuk ke Jateng

Alasannya, para pengusaha merelokasikan perusahaan mereka lantaran upah di Jateng termurah dibanding daerah lainnya.

Jabatan Wali Kota Salatiga Berakhir, Yuliyanto: Saya Mau Fokus Dagang

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai wali kota di Salatiga pada Minggu (22/5/2022).