Super Kakap, Inilah Investor AS yang akan Guyur Blora Triliunan Rupiah

Air Products & Chemicals merupakan perusahaan pengolahan gas dan kimia asal Amerika yang berdiri sejak 1940 dengan total kapitalisasi pasar US$55 miliar atau setara Rp806 triliun.

 Ilustrasi pabrik Air Products. (airproducts.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pabrik Air Products. (airproducts.com)

Solopos.com, SOLO — Pertemuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Chairman dan CEO Air Products, Seifi Ghasemi, di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022), membahas rencana investasi senilai $15 miliar atau setara Rp219 triliun. Ada banyak proyek investasi Air Products di Indonesia, salah satunya industri atau pabrik metanol di Cepu, Blora, Jawa Tengah.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan Air Products telah merealisasikan tahap pertama investasi sebesar US$ 7 miliar atau Rp 102,4 triliun. Investasi itu untuk proyek DME metanol di Balongan.

PromosiSerang Koloni Monyet Denmark 1958, Monkeypox Berevolusi Infeksi Manusia

Selain itu, Air Products berencana membangun industri atau pabrik metanol di Cepu, Blora. Sisanya, perusahaan akan merealisasikan investasi untuk proyek hidrogen dengan memanfaatkan bendungan-bendungan yang ada di Indonesia.

Bahlil juga menyebut Air Products berencana membangun hilirisasi industri di bidang petrokimia. “Sekarang tugasnya adalah pemerintah Indonesia harus segera mengeksekusi. Karena uangnya sudah ada, project-nya sudah ada,” kata Bahlil seusai pertemuan sebagaimana dikutip dari laman Sekretarit Kabinet.

Diketahui, pada 4 November 2021, Air Products telah menandatangani MoU menggandeng BUMN dan perusahaan nasional untuk empat proyek. Kerja sama ini mencakup proyek batu bara menjadi DME bersama PT Indira Energy Tbk dan proyek gas alam menjadi amonia biru dengan PT Butonas Petrochemical Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Investor Kakap, Daerah di Jateng Ini akan Diguyur Triliunan Rupiah

Kemudian, proyek batu bara menjadi DME dengan PT Batulicin Enam Sembilan dan proyek gasifikasi batu bara untuk produksi metanol dengan PT Bukti Asam. Salah satu realisasi investasi itu telah diawali dengan prosesi peletakan batu pertama proyek hilirisasi batu bara menjadi DME di Muara Enim, Sumatra Selatan, pada 24 Januari 2022.

Air Products & Chemicals merupakan perusahaan pengolahan gas dan kimia asal Amerika yang berdiri sejak 1940. Air Products diketahui merupakan perusahaan publik dengan total kapitalisasi pasar US$55 miliar atau setara Rp806 triliun. Perusahaan asal Amerika Serikat ini memiliki lini bisnis perdagangan gas dan kimia untuk kebutuhan industri.

Perusahaan yang tercatat di Bursa New York (NYSE) dengan kode saham APD tersebut telah berekspansi ke 50 negara di dunia. Air Products telah memiliki pengalaman kurang lebih selama 40 tahun dalam menjalani bisnis penjualan LNG.

Untuk proyek DME, pada Juli 2008 Air Product meneken kontrak dengen Weihe Clean Energy Company Limited, anak perusahaan dari Shaan’xi Weihe Coal Chemical Group Ltd, salah satu produsen pupuk dan metanol berbasis batu bara terbesar di China.

Baca Juga: Bikin Kaget! Daerah Tersepi di Jateng Diguyur Investor Triliunan Rupiah

Air Products dipilih untuk memasok oksigen gas di tempat dan nitrogen untuk proyek batu bara ke bahan kimia fase tiga di Weinan Hi-Tech Zone (WHTZ) di Kota Weinan, Provinsi Shaan’xi, China Barat. Dalam perjanjian itu, Air Products mengoperasikan air separation unit (ASU) yang akan memproduksi 2.000 ton oksigen per hari.

Selain itu, Air Products akan memasok gas curah cair ke pasar pedagang di sekitar Xi’an. Dalam keterangan resmi Air Product dijelaskan bahwa Weihe Clean Energy Company Limited adalah anak perusahaan yang didirikan oleh Shaan’xi Weihe Coal Chemical Group Ltd.

Adapun yang pada saat itu memproduksi metanol dan dimetil eter (DME) dan akan menghasilkan metanol, asam asetat, dan asetat anhidrida dalam proyek ekspansi fase tiga.

Weihe akan menggunakan oksigen bertekanan tinggi dalam proses gasifikasi batu bara untuk menghasilkan syngas (gas sintesis), yang selanjutnya dapat dipisahkan menjadi karbon monoksida (CO) dan hidrogen.

Baca Juga: Blora, Kabupaten Tersepi di Jateng Tapi Kaya Minyak

Syngas, CO dan hidrogen adalah prekursor penting untuk menghasilkan bahan kimia dasar lainnya seperti amonia, metanol dan asam asetat, yang sangat penting dalam produksi berbagai produk termasuk cat, perekat, plastik, bahan konstruksi dan ratusan produk lainnya.

Sumber: Antara, Bisnis.com

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Keterlaluan! Selama 7 Tahun, Pria di Banjarnegara Rudapaksa Anak Tiri

Polisi menangkap seorang ayah yang melakukan pemerkosaan terhadap anak tiri di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), selama tujuh tahun.

Miris! Seorang Ibu di Pulokulon Bunuh Diri Ajak Dua Anaknya

Kejadian memilukan, seorang ibu bunuh diri dengan mengajak dua anaknya di Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan.

Dana untuk Parpol di Kota Magelang Capai Setengah Miliar Lebih

Sebanyak delapan parpol di Kota Magelang, Jawa Tengah (Jateng), menerima bantuan keuangan dari Pemkot Magelang.

Cegah Kecelakaan, Objek Wisata Diminta Sediakan Tempat Istirahat Sopir

Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, mendesak pemerintah segera membuat kebijakan yang mewajibkan tempat wisata menyediakan tempat istirahat bagi sopir bus pariwisata.

Rob Mulai Surut, Truk Antre Masuk ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Banjir rob yang melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sudah mulai surut pada Jumat (27/5/2022).

Ganjar Ikut Salati Jenazah Buya Syafii Maarif

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, hadir secara langsung ke Kota Jogja untuk melayat jenazah mantan Ketua PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif.

Jejak Harimau di Banjarnegara Misterius, Ini Hasil Penelusuran BKSDA

Berikut hasil penelusuran BKSDA Jawa Tengah (Jateng) terkait kabar kemunculan harimau di kawasan perkebunan di dekat permukiman warga desa di Banjarnegara.

Asl-Usul Cilacap, Bekas Kekuasaan Pajajaran & Mataram Islam

Asal-usul Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah memiliki kisah sejarah yang unik.

Hampir Seluruh Pantura Jawa Tengah Tergenang Rob, Pati Paling Parah!

Kabupaten Pati disebut sebagai wilayah yang terdampak banjir rob paling parah di pesisir pantura Jawa Tengah.

Momok Sejak 1990, Ini Penyebab Utama Banjir Rob di Semarang

Penyebab banjir rob di Semarang menjadi momok yang telah diperingatkan para akademisi sejak 1990.

Pasar Kelet Jepara Kebakaran, 4 Kios Ludes Terbakar

Pasar Kelet yang ada di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengalami kebakaran.

Menteri PUPR: Cepat Tutup Tanggul Jebol di Semarang Pakai Karung Pasir!

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memerintahkan agar tanggul yang jebol di Semarang lekas ditutup memakai karung pasir terlebih dahulu.

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun 4 Truk di Alas Roban Batang

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Jalan Lingkar Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022) siang.

Tabrakan Karambol 4 Truk di Alas Roban, 1 Meninggal

Tabrakan karambol yang melibatkan empat truk terjadi di Alas Roban, Kabupaten Batang, Jateng, Kamis (26/5/2022).

BKSDA Jateng Sebut Jejak Satwa Liar di Banjarnegara Bukan Tapak Harimau

Warga di Desa Penawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menemukan jejak satwa liar di area persawahan dan kebun sekitar hutan Jlegong desa setempat.