SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Di sebuah ritel modern seluas 1.200 meter persegi itu tertata rapi produk-produk kebutuhan sehari-hari. Selain rapi dan bersih, pengunjung yang datang juga langsung disambut senyum ramah para kasir.

Kenyamanan berbelanja, memang ditawarkan salah satu ritel modern yang baru saja berekspansi di Solo, Super Indo. Ya, Super Indo memang baru saja membuka toko keduanya di Solo, tepatnya di Jl Ronggowarsito. Sebelumnya, Super Indo sudah membuka toko pertama di Jl Adi Sucipto Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di ritel modern itu pengunjung tidak hanya disuguhi produk kemasan saja, tapi juga produk fresh, mulai dari sayur-sayuran, buah, ikan dan daging.

Dan uniknya, 90% produk fresh di ritel tersebut adalah produk lokal Soloraya. Salah satunya dari LPA Pusur Lestari dari Boyolali dan Klaten.

Koordinator petani LPA Pusur Lestari, Gani Julistya, menyampaikan sejak setahun terakhir ini petani di Cepogo dan sekitarnya ini bisa memasok produk sayuran ke ritel modern.

“Saat ini sudah ada empat ritel yang kami pasok. Super Indo Solo dan Jogja. Selama ini kami bisa memasok rata-rata 200 kilogram sayuran per hari dengan 20 item sayuran,” kata Gani, saat ditemui Solopos.com, di sela-sela Grand Opening Super Indo Ronggowarsito, Selasa (21/11/2012).

Dia menyampaikan sebelum masuk ke ritel, produksi sayuran hanya bisa masuk pasar tradisional. LPA Pusur Lestari ini di bina oleh Bina Swadaya dan Danone Indonesia sehingga bisa memproduksi sayuran yang berkualitas dan layak masuk ke ritel modern, bersaing di pasar global.

“Harga di ritel jauh lebih baik dari harga di pasar tradisional. Keuntungan bisa 30% lebih tinggi. Tapi, kami harus bisa memproduksi sayuran yang berkualitas.” Kata Gani.

Tidak hanya produk sayuran. Di ritel tersebut juga dipajang produk fresh lainnya seperti ikan, daging dan seafood. Pelanggan bisa mendapatkan produk tersebut dalam kondisi masih segar. Bahkan, untuk ikan seperti gurame, bawal, patin, lele dan belut kondisinya masih dalam kondisi hidup di dalam akuarium.

Vice President of Operations, Marketing, and Digital Strategy PT Lion Super Indo, Wim Maris, menyampaikan Super Indo sebagai pendukung produk lokal, selalu berusaha untuk turut memperkuat ekonomi lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya