Supeltas Kottabarat Solo Eko Ribut Angkat Bicara Soal Flyover Manahan Solo
Eko Ribut, 21, supeltas bergaya unik di kawasan Kota Barat, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng). (Solopos-Nicolous Irawan/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Pelanggaran lalu lintas disebut-sebut banyak terjadi di dekat flyover Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (19/12/2018) siang. Padahal di hari itu, flyover Manahan baru dibuka untuk diuji coba.

Sejumlah pelanggaran lalu lintas di dekat flyover Manahan itu diungkapkan salah satu sukarelawan pengatur lalu lintas (supeltas) ikonik di Kottabarat, Solo, Eko Ribut, 21. Kepada reporter Solopos, Nicolous Irawan dan Ichsan Kholif Rahman, Rabu (19/12/2018) siang, Ribut membeberkan banyak pelanggaran lalu lintas di sekitar Lapangan Kota Barat, dekat flyover Manahan.

"Ini kan masih banyak yang melanggar," ujar Eko Ribut sembari menunjukkan pengendara sepeda motor yang melawan arus lalu lintas di dekat Lapangan Kota Barat.

Pelanggaran lalu lintas yang banyak dilakukan pengguna jalan di dekat flyover Manahan, lanjut Eko, adalah memutar arah di area terlarang. Ia mengimbau kepada pengguna jalan agar memutar arah di lokasi yang telah disediakan, yaitu di depan Klinik Estetika.

"Kita kalau putar di depan klinik Estetika lebih enak, lebih lancar. Tapi kalau putar di sini [depan Lapangan Kota Barat] kan susah," jelas Eko Ribut.

Atas beberapa pelanggaran peraturan lalu lintas itu, Eko menegaskan akan berkoordinasi dengan supeltas lainnya untuk mengatur lalu lintas di dekat flyover Manahan dan sekitarnya.

"Kita nanti mau berkoordinasi dengan anggota supeltas yang lain, sama bapak kasatlantas nanti juga saya mau bilang mau saya kasih personel [supeltas] di depan [lapangan] Kota Barat ini nanti untuk pengaturan yang arah ke sana [dari flyover ke Kottabarat barikadenya nanti biar ada di sini memutarnya biar enak," lanjutnya.

Bukan hanya di kawasan Kottabarat, Eko juga menekankan akan ada supeltas di dekat Dalem Kalitan yang dikhawatirkan akan terjadi penumpukan kendaraan sebagai dampak rekayasa lalu lintas di Kota Barat.

"Kalau Kalitan untuk hari ini penumpukannya tadi siang penumpukan arus, macet, ada satu supeltas kita imbau coba bisa enggak ke arah ke Kalitan. Ada satu supeltas untuk menuju ke Kalitan, kita bisa pengaturan di sana," beber supeltas yang terkenal dengan gaya uniknya itu.

Eko Ribut memastikan para supeltas telah memiliki strategi khusus untuk membuat lalu lintas di Kota Solo selalu lancar. "Pengaturannya sudah ada strateginya nanti kita akan mengurangi kemacetan lalu lintas, kurangi kepadatan. Sekuat energi sekuat tenaga kita akan membikin lalu lintas lancar," pungkasnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom