SOLOPOS.COM - Ilustrasi parkir mobil di tempat wisata (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Ketika harus meninggalkan mobil di kawasan wisata, jangan lupakan beberapa hal ini untuk menghindarkan kamu dari risiko keamanan.

Pada saat kita pergi dengan mobil sendiri ke wisata tertentu, kadang kita harus meninggalkannya di tempat yang jauh. Sebab untuk mencapai titik wisata, kita kadang harus berjalan kaki.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Pada saat itu, utamanya adalah kita harus memastikannya dalam keadaan aman. Berikut beberapa tips keamanan meninggalkan mobil di tempat wisata, dikutip dari Centrepark.

 

Pelajari karakter tempat parkir

Kebanyakan tempat wisata populer biasanya sudah dilengkapi fasilitas seperti tempat parkir yang memadai. Sayangnya, lokasi-lokasi yang masih jarang dikunjungi belum mendapatkan perhatian dari pemerintah sekitar, sehingga area parkirnya pun seadanya.

Mengetahui karakter dari masing-masing tempat parkir membantu kita memperkirakan titik teraman untuk memarkirkan kendaraan dan kemudahan mengaksesnya dalam waktu cepat.

 

Mengantisipasi tanjakan atau turunan

Berhubungan dengan poin sebelumnya, beberapa tempat wisata, terutama objek wisata alam, memiliki area parkir yang ekstrem. Kita mungkin harus memarkirkan kendaraan di tanjakan atau turunan.

Saat menghadapi kondisi tempat seperti ini, kita perlu memastikan posisi setir sudah menyerong. Kemudian, arahkan roda depan ke tebing atau selokan alih-alih badan jalan. Langkah ini dilakukan agar mobil tak mencelakai orang lain kalau tiba-tiba bergerak tanpa kita ketahui.

 

Parkirkan kendaraan dekat pos jaga

Menempatkan kendaraan di area yang ramai saja belum cukup. Kalau kita mau tenang dan bisa menikmati liburan, pastikan mobil atau sepeda motor diparkirkan dekat pos jaga atau pos satpam.

Tak sedikit pelaku tindak kejahatan yang beraksi di tengah keramaian, sehingga menaruh kendaraan di bawah pengawasan pihak terpercaya akan menjauhkan kita dari risiko tersebut. Jangan lupa memeriksa akses masuk dan keluar supaya kendaraan tak menghalangi kendaraan lain.

 

Pasang kunci setir untuk keamanan ekstra

Tak bisa mendapatkan lokasi parkir dekat pos jaga? Kita masih bisa melindungi kendaraan dengan memasang kunci setir. Alat tersebut memungkinkan kemudi terkunci dan tak dapat dirusak dengan mudah.

Selain itu, pelaku yang berniat membobol kendaraan kamu pun akan berpikir dua kali saat melihat kunci setir. Sementara untuk sepeda motor, kunci menggunakan stang atau gembok dan rantai apabila memungkinkan.

 

Jangan tinggalkan barang berharga

Meski kita memakai proteksi tambahan, meninggalkan barang berharga di dalam mobil tetap berisiko. Perangkat-perangkat elektronik seperti smartphone kadang mengalami kerusakan saat ditaruh di tempat panas dan tertutup.

Kemudian, meletakkan dompet atau tas di tempat yang mudah terlihat seperti dasbor atau jok pengemudi berpotensi mengundang tindak kriminal. Jadi, walau terkesan merepotkan, bawa semua barang berharga setelah kita memarkirkan mobil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya