SOLOPOS.COM - Asisten Manajer Restoran Phuket, Wiwi menyajikan sup Tom Yam, Kamis (20/12/2012). (Arif Fajar/JIBI/SOLOPOS)

Asisten Manajer Restoran Phuket, Wiwi menyajikan sup Tom Yam, Kamis (20/12/2012). (Arif Fajar/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Enaknya makan apa ya, yang sedap dan segar dan menghangatkan. Apalagi saat musim hujan seperti ini, makanan berkuah seperti sup Tom Yam bisa menjadi pilihan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sup Tom Yam, makanan berkuah dari Negeri Gajah Putih, Thailand tersebut memang bisa didapatkan di Solo. Hanya saja, jika ingin merasakan cita rasa dari sup tersebut seperti di negeri asalnya, di Kota Solo ada dua restoran yang bisa menjadi pilihan.

Restoran Phuket, yang terletak di Jl Ir Sutami 120, Jebres, Solo bisa menjadi pilihan. Letak restoran yang khusus menyajikan masakan Thailand ini  di timur Kampus UNS sebelum Taman Jurug sisi kanan (selatan) jalan.

Satu lagi, Black Canyon Coffee restoran yang terletak di bagian depan sisi timur, Solo Paragon Mall, Solo juga bisa Anda kunjungi untuk menikmati sensasi beragam makanan dari Thailand.

Jangan khawatir, masakan Thailand di kedua restoran tersebut harganya masih terjangkau dan halal. Seperti disampaikan asisten manajer Phuket, Wiwi dan Captain Black Canyon Coffe, Ruri Wulandari, kepada Espos, Kamis (20/12), bahwa masakan yang disajikan di tempat tersebut dijamin halal.

Lantas bagaimana soal rasanya apakah benar-benar mirip masakan yang dibuat di Thailand. Menurut pemilik Black Canyon Coffee, Martono, pengunjung yang pernah ke Thailand dan mencoba masakan di restoran tersebut mengaku seperti aslinya.

“Karena bumbu yang kita gunakan memang kita pesan langsung dari Thailand, sehingga masakan yang kita sajikan sama seperti aslinya,” terang Martono kepada Espos, di Black Canyon Cofee, di Solo Paragon Mall, Kamis

Asam Pedas

Karena penasaran, Espos pun segera memesan sup Tom Yam. Ada tiga pilihan sup Tom Yam yang siap memberikan sensasi lain di lidah. Yakni sup Tom Yam berisi udang (Tom Yam Goong), sup Tom Yam berisi daging ayam (Tom Yam Gai) dan Tom Yam berisi udang, cumi-cumi, kerang, bakso ikan dan jamur atau seafood (Tom Yam Talae) .

Menurut Asisten Manajer warung Phuket, Wiwi didampingi Kepala Koki, Ngatman, sup Tom Yam memiliki ciri khas rasa asam pedas. Sup ini kuahnya terlihat segar dengan warna orange.

“Sup Tom Yam paling banyak yang pesan terutama yang seafood,”  tutur Wiwi ketika ditemui Espos, Kamis (20/12) di rumah makan Phuket.

Karena mendapat rekomendasi sup Tom Yam Talae (seafood) yang paling digemari, Espos pun memesannya. Aroma segar pun langsung menyeruak ketika tutup mangkuk berisi sup Tom Yam dibuka.

“Ciri khas masakan Thailand itu kaya akan rempah-rempah sehingga menyehatkan tubuh kita. Apalagi disantap saat makan siang atau untuk mengusir udara dingin di tubuh kita,” tutur Kepala Koko rumah makan Phuket, Ngatman saat berbincang dengan Espos, Kamis.

Selain Sup Tom Yam, ada menu lainnya yang bisa menjadi pilihan. Menurut Captain Black Canyon Coffee, Ruri Wulandari, ada juga steak ikan, salad apel dan salad ikan salmon. Bagi yang membawa anak-anak ada juga makanan bagi anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya