Tutup Iklan
Sungguh Berat! Pemotongan Sapi Kurban Presiden Jokowi di Solo Butuh 18 Orang
Panitia kurban mendorong sapi di halaman Masjid Al Wusto Mangkunegaran, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (31/7/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Salah satu sapi kurban dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi diberikan untuk disembelih di Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (31/7/2020).

Sapi jenis limousin itu berbobot 930 kilogram tersebut. Butuh 18 orang panitia untuk merobohkan dan mendorong sapi itu mendekati lubang penampungan darah sebelum dipotong.

Sapi dari Presiden Jokowi tersebut mendapatkan urutan pemotongan keempat sekitar pukul 09.28 WIB. Ketika sapi ambruk dan kepala sapi terikat ke pohon, empat orang berusaha mengikat keempat kaki sapi supaya tidak bisa bergerak.

4 Warga Solo Terkonfirmasi Positif Covid-19 Saat Iduladha, Semua dari Banjarsari

Proses pemotongan sapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Al Wustho, Mangkunegaran, Solo, itu berlangsung selama kira-kira 20 menit.

Panitia kurban Masjid Al Wustho tadinya berencana memotong sapi berumur tiga tahun tersebut setelah ibadah Jumat.

Itu merupakan jadwal pemotongan hewan kurban terakhir karena menunggu acara proses penyerahan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo ke masjid. Pemotongan terakhir juga menunggu proses pengulitan dan pencacahan dari hewan kurban lain.

Boleh di Lapangan, Mayoritas Warga Klaten Pilih Salat Iduladha di Masjid

Namun, panitia memutuskan memajukan jadwal penyembelihan karena proses penyerahan dari Pemkot Solo yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Ahyani, berlangsung singkat.

Jadi Pusat Perhatian

Sapi yang tiba pada Kamis (30/7/2020) malam dari Dusun Soko, Desa Tegal Ombo, Kalijambe, Sragen, itu menjalani proses pemotongan sebelum Salat Jumat.

Sapi kurban Presiden Jokowi di Masjid Al Wustho Solo itu sempat menjadi pusat perhatian warga dan anak-anak sejak Jumat pagi. Sejumlah warga mengabadikan sapi itu dengan berswafoto di area parkir atau kandang sementara.

Hendak Disembelih, Sapi Kurban Di Sangkrah Solo Kabur dan Nyemplung Kali Jenes

Ketua Panitia Kurban Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Muhammad Isnaini Sholichin, 43, mengatakan proses pemotongan hewan kurban berjalan lancar.

Tenaga panitia sedikit terkuras karena sudah melakukan empat pemotongan sapi sebelum memotong sapi dari Presiden Jokowi.

“Sapi seperti itu [sedikit melakukan perlawanan] lumrah. Ini terjadi karena banyak orang sehingga sapi stres dan membutuhkan banyak tenaga. Kalau enggak terlalu ramai insyallah beberapa teknis penjagal bisa menangani,” katanya.

16 Kasus Temuan Cacing Hati Warnai Penyembelihan Hewan Kurban Di Wonogiri

Sekretaris dan Imam Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Purwanto, menjelaskan jumlah hewan kurban pada Iduladha tahun ini sama dengan tahun lalu yaitu lima ekor sapi dan 14 ekor kambing. Ini sudah kali keempat Masjid Al Wustho Solo mendapatkan bantuan sapi kurban dari Presiden Jokowi.

“Daging kurban dibagikan kepada sekitar 750 penerima. Sudah tiga tahun terakhir kami tidak mengundang masyarakat tapi kami aktif mengantarkan kepada rumah warga sehingga tidak ada antrean,” paparnya.

2 Warga Sragen Positif Covid-19 Sepulang Dari Karanganyar dan Surabaya

Terpisah, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Solo, Danang Sulindriyanto, menjelaskan Presiden menyerahkan dua ekor sapi lewat Pemkot Solo. Kemudian sapi diserahkan kepada takmir Masjid Agung Keraton Solo dan takmir Masjid Al Wustho.

Ketua Takmir Masjid Agung Solo, M. Muhtarom, menjelaskan pemotongan hewan kurban Masjid Agung Solo dilakukan Sabtu (1/8/2020) pagi. Daging kurban Masjid Agung Solo akan dibagikan kepada sekitar 1.000 penerima.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho