Sungai Warna-Warni Gegara Limbah Industri, DLH Solo: Solusinya IPAL

DLH Solo mengatakan tengah berupaya mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat untuk membangun IPAL bagi UMKM tekstil agar limbah industrinya tidak mencemari sungai.

 Air Kali Jenes, Pasar Kliwon, Solo, berwarna kemerahan diduga tercemar limbah kimia dari industri batik printing di sepanjang aliran sungai, Kamis (2/12/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Air Kali Jenes, Pasar Kliwon, Solo, berwarna kemerahan diduga tercemar limbah kimia dari industri batik printing di sepanjang aliran sungai, Kamis (2/12/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tampilan air sungai perkotaan di Solo yang kerap warna-warni merupakan akibat dari limbah industri tekstil yang dibuang tanpa diolah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo mendapati limbah itu berasal dari industri mikro, kecil, dan menengah yang jumlahnya tak sedikit.

Solusi mengatasi hal tersebut adalah pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Tanggung jawab pengelolaan limbah IMKM berada di tangan pemerintah.

PromosiCatatan Walhi untuk Rencana Elon Musk Berinvestasi di Indonesia

Kepala DLH Kota Solo, Gatot Sutanto, mengatakan beberapa waktu lalu DLH menggelar susur sungai di sungai perkotaan seperti, Kali Jenes, Kali Premulung, dan sebagainya. Begitu juga Sungai Bengawan Solo. Ia menemukan kandungan zat pewarna tekstil yang langsung dibuang di sungai tanpa melalui proses pengolahan sehingga membuat air sungai berwarna dan berbau.

Baca Juga: Bantu Korban Erupsi Semeru, Bos Kuliner Solo Kirim 5.000 Paket Makanan

“Solusi mengatasi limbah tersebut dengan pembuatan IPAL komunal. Beberapa IMKM dilayani satu IPAL. Biaya pembuatannya mencapai ratusan juta rupiah, sehingga kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup [KLHK] maupun rekan-rekan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang [DPUPR],” katanya, Selasa (7/12/2021).

Puluhan UMKM Belum Punya IPAL

Berdasarkan pendataan DLH, jumlah UMKM yang belum memiliki IPAL mencapai puluhan dan bisa bertambah. Pembuatan IPAL komunal bakal menjadi prioritas ke depan, mengingat dampak pencemaran limbah industri itu terhadap sungai dan lingkungan di Solo.

Dampak itu di antaranya kerusakan ekosistem sungai dan yang terparah adalah rusaknya kualitas air sungai maupun air tanah di bawahnya. “Zat-zat pencemaran dalam skala besar bisa merusak ekosistem sungai, terlebih zat pewarna kimia memang sulit diurai,” ucap Gatot.

Baca Juga: Melihat dari Dekat Proyek Jembatan Jonasan Solo yang Tak Kunjung Kelar

Pencemaran limbah industri di sungai Kota Solo juga berdampak pada kualitas air baku sungai yang nantinya diolah PDAM untuk didistribusikan kepada pelanggan. Direktur Utama PDAM Kota Solo, Agustan, menyampaikan kadar pencemaran yang tinggi dapat berdampak pada operasional Instalasi Pengolahan Air (IPA).

“Ya memang akan bermasalah jika persoalan limbah IMKM itu tak bisa diatasi dengan baik mengingat air Sungai Bengawan Solo dipakai untuk air baku melalui IPA Semanggi dan IPA Jurug. Biaya menetralisir zat kimia, zat pewarnanya butuh lebih banyak karena semakin sulit diurai,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Ini Daftar Wisata Candi di Klaten, dari Prambanan hingga Merak

Salah satu daya tarik Kabupaten Klaten, yakni menyimpan deretan candi bersejarah.

61 CPNS & 788 PPPK Terima SK, Bupati Sragen: Jangan Terus Beli Mobil!

Sebanyak 61 CPNS dan 788 PPPK mendapatkan SK pengangkatan, Jumat (20/5/2022), Bupati Sragen berpesan jangan menambah motor atau mengganti dengan mobil.

Hantu KKN Rumah Kosong Klaten Ternyata Mbah-Mbah

Wujud hantu dalam kisah KKN di Rumah Kosong Klaten adalah mbah-mbah.

Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

Kenapa Jalan Solo-Boyolali Kerap Terjadi Kecelakaan?

Kira-kira kenapa jalan di Solo-Boyolali kerap terjadi kecelakaan, bahkan ada korban yang meninggal dunia?

Bupati Karanganyar: Pilih Pengurus PGRI yang Rajin!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta Konferensi Kerja tahun ke-2 Kabupaten (Konkerkab) Karanganyar PGRI untuk memilih pengurus yang rajin.

Disdik Kota Solo Izinkan Kantin Sekolah Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah tidak melarang kantin sekolah membuka usahanya selama pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.