SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menyiapkan benih ikan uceng untuk ditebar di beberapa sungai di daerah setempat.

“Sekarang kami sedang produksi benih tebar, rencananya nanti pada 2019 disebarkan di sungai-sungai yang menjadi habitat uceng di Temanggung,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Temanggung, Slamet Saryono, Sabtu (3/11/2018).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengatakan berdasarkan penelitian ikan uceng bisa dibudidayakan di kolam atau akuarium, namun tidak ekonomis sehingga pengembangbiakannya lebih cocok di sungai. Ia menuturkan nanti yang memproduksi benihnya Dinas Perikanan dan Peternakan, kemudian disebarkan ke perairan umum yang sudah diidentifikasi populasi ucengnya.

“Wilayah peraiaran yang sudah berkurang banyak populasinya yang menjadi sasaran restoking,” katanya.

Menurut dia, restocking antara lain akan dilakukan di Sungai Progo dan Sungai Kuas yang populasinya sudah sulit didapat. “Nelayan kalau menangkap uceng hasilnya tidak lagi seperti dulu, hal ini indikasi populasinya di sana mulai berkurang, maka nantinya daerah tersebut yang menjadi sasaran restocking pada tahun 2019,” katanya.

Ia menyampaikan sungai merupakan habitat uceng sehingga lebih bisa menyesuaikan diri dan bisa berkembang biak dengan baik. “Daripada dibudidayakan masih harus menyesuaikan tempatnya dan berdasarkan kajian ekonomi kalau dibudidayakan kurang layak, karena untuk bisa memasarkannya harus menunggu lima hingga enam bulan sehingga butuh waktu cukup panjang,” katanya.   

Slamet menuturkan untuk budi daya lele dan nila butuh waktu relatif pendek, kalau uceng pemeliharaannya panjang sehingga kurang ekonomis.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya