SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–10 kecamatan di Kabupaten Karanganyar terserang hama pengerat batang atau sundep. Hama ini menyerang tanaman padi yang masih berumur muda dan mengancam tanaman menjadi kerdil.

Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) karanganyar, Sugeng Budiyono, saat dihubungi Espos mengatakan serangan hama tersebut masih dalam intensitas ringan dan mudah diantisipasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Masih ringan dan belum mengancam tanaman menjadi kerdil, namun bila tidak segera diantisipasi, tentunya dapat sangat merugikan petani,” katanya, Jumat (9/4).

Ekspedisi Mudik 2024

10 kecamatan itu yakni Kerjo, Mojogedang, Karangpandan, Karanganyar, Matesih, Jatipuro, Jumapolo, Jaten, Colomadu dan Jumantono. Wilayah yang memiliki area serangan terbesar yakni Kerjo, Jumantono, Jumapolo, Jaten, dan Colomadu.

Petani Kebakkramat, Suradi, 43, mengatakan di wilayahnya hingga kini belum terserang hama sundep meski banyak petani yang telah menyemai padi.

m86

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya