Sunda Manda, Tafsir Suara Mengenang Permainan Anak Tradisional

Permainan anak engklek atau sunda manda menjadi inspirasi gubahan seni musik oleh Guruh Purbo Pramono dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Sunda Manda, Tafsir Suara Mengenang Permainan Anak Tradisional

SOLOPOS.COM - Pertunjukan musik tradisional bertajuk "Sunda Manda" di Teater Besar ISI Solo, belum lama ini. /Solopos-M. Ferri Setiawan

Solopos.com, SOLO – Kekuatan permainan anak khas Banyumas yang lazim dikenal dengan sebutan engklek atau sunda manda diadopsi menjadi karya konser musik sakral. Sang komposer, Guruh Purbo Pramono, mentransformasi permainan anak itu menjadi karya yang selama hampir satu jam membawa emosi penonton naik turun. Karyanya digelar di Teater Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, beberapa waktu lalu.

Guruh mengolah karyanya ke dalam empat repertoar.  Pertama berjudul Tekad, kedua Krekat, ketiga Sambat, disusul Sumringah. Tekad mengartikan semangat menggebu-gebu di awal permainan. Krekat berisi cita-cita yang luhur. Sambat menggambarkan perjalanan ketika jatuh bangun, sementara Sumringah adalah penutup yang berakhir gembira. “Ini seperti perjalanan kehidupan. Dimulai dari semangat, terjatuh, hingga bangkit kembali. Ya terinspirasi dari permainan yang saya alami juga saat masih kecil,” terangnya saat berbincang dengan Espos.

Guruh membangkitkan kenangan masa lalunya lewat instrumen musik Banyumasan yang terdiri dari seperangkat gambang calung. Dikolaborasikan dengan gamelan Jawa, rebab, siter, dan saksofon. Disusul beberapa tembang Banyumasan untuk menyempurnakan sajian musiknya. Sumringah yang ditandai dengan pergantian tembang benar-benar membawa penonton pada puncak bahagia. Semua instrumen dimainkan bersamaan. Pengunjung yang hampir memenuhi ruang konser seperti diajak berpesta. Apalagi tembang-tembang pembangkit semangat terus digeber para sinden. Ada empat kata yang dibawakan berulang-ulang: Sumringah, Gumregah, Sengkut, Agawe Bungah. “Awalnya hanya tiga yang akan saya bawakan. Tapi kami berupaya mementaskan empat repertoar dengan ending bahagia,” kata dia.

Repertoar ini sebelumnya pernah dibawakan Guruh di Galeri Indonesia Kaya Jakarta. Karya itu kemudian dibawa ke pameran seni rupa ArtJog, Minggu (11/8/2019).  Tak sekadar konser musik, Guruh memiliki misi mulia menghidupkan kembali permainan tradisional sunda manda yang mulai dilupakan. Riset dilakukan sejak satu tahun lalu. Namun karena kendala teknis, ia baru aktif menyelesaikan project ini sekitar satu setengah bulan terakhir.

Berita Terkait

Berita Terkini

Persis Solo Gelar Vaksinasi Suporter, Beragam Tanggapan Pendaftaran Mengemuka

Persis bersama Pemkot Solo berencana menggelar vaksinasi gratis di Stadion Manahan, Solo, 14 Agustus 2021.

Liga 1 Kick-off 20 Agustus, Bhayangkara FC Kelabakan

Bhayangkara hanya memiliki waktu persiapan ulang sangat sempit mengingat para pemain kini masih berada di kampung halaman.

20 Klub Ikuti Sosialisasi Liga 3 Jateng

PSSI Jateng menyampaikan Liga 3 tahun ini rencananya dimulai 2 Oktober 2021.

Sambut Liga 2, Persis Solo Berharap Akhiri Penantian Sejak Maret 2021

Para pemain Persis Solo sudah tak sabar untuk berkompetisi seusai berlatih sejak akhir Maret 2021.

3 DPO MIT Tewas Ditembak Polisi, Salah Satunya Pimpinan

MIT terbagi menjadi dua kelompok dan masing-masing dipimpin oleh Ali Kalora dan Qatar.

Wali Kota Solo Gibran Borong Tiga Penghargaan di SDA 2021

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memborong tiga penghargaan sekaligus dalam gelaran Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021.

Awas, Banyak Politikus Ikan Lele Muncul di Era Pandemi

Politisi ikan lele itu adalah politisi yang semakin keruh airnya maka dia semakin menikmati kehidupannya.

Capaian Vaksinasi 100% Jadi Syarat Liga 1 dan Liga 2

Program 100% vaksinasi bagi peserta kompetisi menjadi bagian dari protokol kesehatan yang harus dilaksanakan jelang Liga 1 dan Liga 2.

Dinar Candy Berbikini Bakal Diperiksa Polisi, Kenapa?

Pasal 36 UU Pornografi mengatur soal hukuman bagi mereka yang melakukan eksploitasi seksual di muka umum.

Update Covid-19 Indonesia Hari Ini: Jateng Terbanyak Kasus Positif, Sembuh, dan Pasien Meninggal

Penambahan kasus Covid-19 di Indonesia hari ini paling banyak terjadi di Jawa Tengah dengan 4.169 kasus.

Terkait Prank Rp2 T, Kapolri Kirim Tim Periksa Kapolda Sumsel

Mabes Polri ingin mengetahui peristiwa itu secara jelas dengan mengklarifikasi Irjen Pol Eko Indra Heri.

Kawasan Perbatasan Wonogiri-Sukoharjo Bisa Jadi Simpul Ekonomi dan Pusat Bisnis Baru

Kawasan perbatasan Wonogiri-Sukoharjo yang terletak di Selogiri diyakini bisa menjadi simpul baru perekonomian dan pusat bisnis baru.