SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SUKOHARJO--Pemerintah Kecamatan Weru, Sukoharjo mengawasi secara intensif desa-desa rawan kekurangan air bersih selama musim kemarau. Di Desa Karangmojo, warga harus berhemat dengan mencuci di kali (sungai) untuk menghindari pemborosan air bersih.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Camat Weru, Heru Indarjo, menyebutkan tiga desa rawan kesulitan air bersih di kecamatannya yaitu Karangmojo, Jatingarang, dan Alasombo. “Sejauh ini belum ada laporan kekurangan (air bersih) dan kebutuhan warga masih bisa tercukupi. Barangkali nanti akhir Juli warga sudah mulai merasakan adanya dampak bencana kekeringan,” ungkapnya kepada Solopos.com di Weru, Kamis (28/6/2012).

Heru menjelaskan setiap pekan desa diminta memperbarui laporan situasi wilayah masing-masing. Menurut dia, sebagai daerah rawan kekeringan, banyak desa telah terbantu program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas).

Sementara di Karangmojo, air sumur milik penduduk mulai menyusut setelah cukup lama tidak ada hujan. Karena itu untuk menghemat air bersih, warga terpaksa membatasi pengambilan air dari sumur dan memanfaatkan kali untuk mencuci pakaian.

“Dalam situasi keterbatasan air bersih, sumur hanya untuk minum dan mandi. Selebihnya mencuci dilakukan di kali setiap pagi ,” ujar Kaur Keuangan Desa Karangmojo, Darmuji, dijumpai Solopos.com bersama sejumlah perangat desa lain, Kamis.

Sekretaris Desa (Sekdes) Karangmojo, Sudarsono, mengungkapkan ancaman kekurangan air bersih tersebar di beberapa dukuh di empat kebayanan. Di wilayah kepala dusun (kadus) I, terdapat dua dukuh rawan kesulitan air bersih, yaitu Punthuk dan Badran, mempunyai sekitar 90 kepala keluarga (KK).

Kepala Dusun (Kadus) II, Wibowo, menambahkan di wilayahnya terdapat satu dari tiga dukuh yang rawan kesulitan air bersih. Menurut dia, meski hanya satu dukuh, jumlah KK mencapai 280-an KK Dia mengatakan selama ini warga memanfaatkan sumur artetis dan umbul dari sungai untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya