SOLOPOS.COM - ilustrasi pelelangan ikan hasil tangkapan. (JIBI/dok)

Sumber daya alam khususnya dari laut belum dikelola secara optimal.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya mengoptimalkan pengelolaan sumber daya kelautan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Berbagai potensi dan kekayaan laut di Indonesia, termasuk di Jateng, belum dikelola dan dimanfaatkan secara optimal, baik potensi berbagai jenis biota laut maupun keelokan alam lautan,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Senin (26/10/2015).

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat memberikan kuliah umum bagi Taruna-Taruni Politeknik Maritim Negeri Indonesia di Semarang.

Ganjar berpendapat bahwa kebijakan Menteri Perikanan dan Kelautan menenggelamkan kapal asing yang melakukan pencurian di laut sudah tepat sebagai upaya melindungi kekayaan alam laut.

Ganjar mengungkapkan, saat melakukan kunjungan kerja ke Tiongkok, tidak sedikit pengusaha ikan yang menyediakan aneka jenis ikan hasil tangkapan laut Indonesia, baik dalam bentuk ikan segar maupun kemasan yang siap dipasarkan ke berbagai kota.

“Oleh karena itu, perlu adanya berbagai strategi dan kebijakan untuk melindungi dan memanfaatkan kekayaan laut Indonesia,” ujarnya.

Generasi muda bangsa, kata Ganjar, harus mampu mengelola dan mengembangkan berbagai potensi kelautan agar lebih produktif, efisien, serta dapat menyejahterakan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga menjelaskan bahwa Pemprov Jateng sudah melakukan kerja sama di bidang kelautan dengan beberapa negara seperti Kamboja, Tiongkok, dan Korea Selatan.

“Jika Polimarin mempunyai terobosan sendiri, kami siap membantu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya