SOLOPOS.COM - Sri Sultan HB X (JIBI/Harian Jogja/dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), Sabtu (5/10/2013) di kampus UTHM di Djohor Bahru, Malaysia.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Baskara Aji, penyerahan gelar tersebut diberikan langsung oleh Rektor UTHM Sultan Ibrahim Ibni Almarhum Sultan Iskandar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gelar tersebut diberikan, karena UTHM menilai kepemimpinan Raja Ngayogyakarta mampu mengatasi bencana alam yang terjadi di wilayah DIY.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Baskara Aji, UHTM memberi penghargaan atas peran sentral Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam memimpin Jogja mengatasi bencana alam sehingga masyarakat bisa kembali bangkit untuk membangun kehidupan mereka secara cepat.

“Tidak hanya penanggulangan bencana gempa bumi di wilayah Bantul, tetapi juga bencana erupsi gunung Merapi di Sleman 2010 lalu,” ungkap Baskara, Minggu (6/10/2013).

Saat membacakan sambutan, Ibrahim menilai penanganan rehabilitasi bencana alam di wilayah DIY merupakan tercepat di dunia. Dia berharap, model kepemimpinan yang diterapkan Sultan HB X patut menjadi contoh dalam kehidupan masyakarakat yang modern.

Uniknya lagi, Sultan merupakan orang pertama yang menerima gelar doktor kehormatan UTHM dari luar Malaysia. Biasanya, pemberian gelar tersebut diberikan UTHM untuk putra putri terbaik Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya