SOLOPOS.COM - Sri Sultan Hamengku Buwono X-Gubernur DIY (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Gubernur DIY menyebtkan Muhammadiyah menjadi pilar utama ke empat di wilayah ini

Harianjogja.com, JOGJA – Memasuki abad ke dua, Muhammadiyah semakin didorong untuk memberikan pencerahan bagi Indonesia. Muhammadiyah telah banyak memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia, mulai dari bidang pendidikan, pelayanan sosial dan dakwah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sri Sultan Hamengku Buwono X menganggap bahwa Muhammadiyah merupakan empat pilar utama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), setelah Tamansiswa, UGM dan Keraton. Sri Sultan mengatakan Muhammadiyah selama ini merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari Keraton.

Ekspedisi Mudik 2024

“Bukti nyata Muhammadiyah merupakan pilar utama dari DIY, yaitu dengan keberadaan sekolah-sekolah dan perguruan tinggi Muhammadiyah yang tersebar di penjuru DIY. Selain bidang pendidikan, dari aspek pelayanan sosial pun kontribusi Muhammadiyah sejauh ini sudah sangat baik,” kata Sri Sultan dalam acara di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogykarta (UMY).

Milad Muhammadiyah kali ini ditandai oleh dua momentum membahagiakan, yaitu dengan diraihnya IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) sebagai organisasi kepemudaan berprestasi tingkat nasional dan internasional. Selain itu juga penganugerahan gelar pahlawan bagi Ki Bagoes Hadikusumo yang merupakan tokoh berpengaruh di Muhammadiyah oleh pemerintah.

“Pemberian gelar pahlawan bagi Ki Bagoes merupakan pilihan yang tepat, jika dilihat dari perjuangan Ki Bagoes dalam keanggotaannya sebagai Badan Penyelidikan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dan juga perannya dalam penyusunan pembukaan UU Dasar 1945, “ jelas Sultan.

Hal senada dikatakan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan. Dia mengatakan bahwa sudah sepantasnya pemerintah harus menghormati Muhammadiyah yang telah berjasa besar terhadap kemerdekaan RI, karena Muhammadiyah berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia.

“Ki Bagoes merupakan satu dari sekian banyak pejuang Muhammadiyah yang turut berkontribusi dalam kemerdekaan RI. Hal ini menandakan peran tokoh-tokoh Muhammadiyah dalam memperjuangkan kemerdekaan saat itu sangatlah besar,”ungkap Zulkifli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya