SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jogja–Di mata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, kesejahteraan pengungsi Merapi merupakan hal yang penting. Oleh karena itu ia mengimbau agar menu makan untuk para pengungsi ditentukan oleh pengungsi sendiri.

“Menu makan untuk pengungsi itu harus enak. Saya minta yang menentukan menu makan itu bukan juru masak. Tapi pengungsi,” ujar Sultan kepada wartawan seusai menghadiri doa bersama di Kraton Yogyakarta, Minggu (7/11) petang.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Menurut Sultan, kondisi psikologis pengungsi harus selalu dijaga. Ini karena bencana letusan Merapi dan lagi mereka dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan di pengungsian.

“Pengungsi ini orang menderita yang meninggalkan rumah. Jangan sampai ia menderita untuk kedua kali. Yang penting itu,” kata Sultan.

Ketersediaan fasilitas bagi pengungsi juga menjadi hal yang digarisbawahi oleh Raja Kraton Yogyakarta ini. Menurutnya, wanita dan anak-anak harus mendapat perhatian lebih.

“Kalau bisa itu komplit. Untuk anak-anak juga disediakan. Yang jelas dalam kondisi bencana pihak yang paling dirugikan adalah wanita dan anak-anak,” katanya.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya