SOLOPOS.COM - Sultan HB X/dok

Sultan HB X/dok

JOGJA—Kaum ibu memiliki kedudukan yang sangat mulia karena berperan utama dalam mencetak orang-orang besar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Seorang ibu dalam keluarga memegang peran sangat penting dan sentral bagi tumbuh kembang anak-anak. Oleh karena itu ibu dikatakan memiliki peran utama dan strategis dalam mencetak orang-orang besar,” katakata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Sabtu (22/12/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Ichsanuri pada peringatan Hari Ibu 2012, dengan memberi contoh, teladan, dan peran aktifnya, ibu melakukan upaya membiasakan hidup sehat jasmani dan rohani.

“Pembiasaan hidup sehat jasmani dan rohani itu melalui pendidikan agama dan penerapan budi pekerti sejak dini sebagai langkah bijaksana menciptakan hidup dengan lingkungan dan pergaulan yang selalu sehat,” katanya.

Ia mengatakan peringatan Hari Ibu diharapkan dijadikan momentum melakukan introspeksi kembali terhadap upaya dan perjuangan yang dilakukan kaum perempuan di berbagai bidang dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga, masyarakat, dan Bangsa Indonesia.

“Kami berharap seluruh lapisan masyarakat baik perempuan maupun laki-laki dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan status sosial dapat melakukan hal itu emi masa depan Indonesia yang lebih baik,” katanya.

Menurut dia semua pihak diharapkan terus berjuang meningkatkan peran aktif perempuan bersama laki-laki dalam membangun kesejahteraan dan menjalin hubungan yang erat dengan berbagai bangsa di dunia baik regional maupun internasional.

“Upaya peningkatan peran dan partisipasi perempuan dan laki-laki dalam pembangunan berkelanjutan perlu dilihat sebagai satu hal yang sangat strategis dalam memperkuat ketahanan keluarga dan ketahanan nasional yang akan beriimpilkasi pada kesejahteraan bangsa,” katanya.

Ketua Panitia Peringatan Hari Ibu 2012 Tuti Lukman Sutrisno mengatakan kegiatan itu mengangkat tema “Peran Perempuan dan Laki-Laki dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Menuju Kesejahteraan Bangsa”.

Menurut dia maksud dari tema itu adalah pembangunan millenium atau MDGs mensyaratkan adanya keseimbangan di antara pembangunan di bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan serta pembangunan di bidang politik dan penegakan hukum.

“Pembangunan berkelanjutan juga mensyaratkan adanya kesetaraan berbasis gender dan wilayah tanpa memandang status sosial, agama, dan suku, serta mendorong adanya pembangunan yang inklusif,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya