SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2012 dibuka resmi oleh Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X, hari ini (21/12/2012). Kegiatan PMPS sendiri akan dimulai pada 21 Desember hingga 24 Januari 2013 mendatang.

Meski diiringi hujan rintik-rintik, ratusan warga memadati Alun-alun Utara. Seusai memberi sambutan, Sultan memukul gong tanda dibukanya PMPS 2012.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam sambutannya, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X  menjelaskan, PMPS merupakan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh industri dan UMKM di Jogja untuk mengembangkan ekonomi masyarakat. Konsep sekaten yang setiap tahun berubah, disesuaikan dengan kondisi yang ada. “Itu menjadi inovasi kreatif yang perlu terus dijaga,” kata Sultan saat membuka PMPS 2012 di Alun-alun Utara.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski sejak 2011 kegiatan PMPS dialokasikan dalam anggaran APBD, namun Sultan melihat kebijakan-kebijakan yang diambil semuanya berjalan baik. “Saya beri apresiasi semua pihak yang terus berupaya meningkatkan ekonomi kerakyatan,” ucapnya.

Diera saat ini, sambung Sultan, komunitas budaya sekaten masih eksis meski banyak tantangan yang dihadapi. “Sekaten bisa punah bila penyanggahnya dan rohnya hilang,” ingat Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya