SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA – Tiga gubernur memberikan lecutan motivasi dalam pelantikan pengurus baru alumni Gerakan Mahasiwa Nasional Indonesia (GMNI) periode 2014 – 2018 di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Kamis (15/5/2014).

Mereka yakni, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Sukarwo.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Dalam sambutannya, Sri Sultan Hamengku Buwono menekankan tentang trisakti jiwa proklamasi sebagaimana yang pernah dicetuskan Bung Karno semasa perjuangan kemerdekaan. Sultan mengungkapkan, dalam tahun politik seperti saat ini sangat berbahaya jika salah memilih figur pemimpin.

Khawatirnya, trisakti jiwa proklamasi hanya tetap berhenti dalam ingatan waktu belaka. Untuk itu, menurut Sultan, hendaknya PA GMNI mampu merumuskan trisakti jiwa itu menjadi program pemberdaulatan secara komprehensif dalam semua bidang sektor berbangsa dan bernegara.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam orasi kebangsaannya berpesan agar GMNI tetap eksi di tengah perubahan iklim kenegaraan seperti saat ini.

Ganjar menekankan agar istilah mati segan, hidup pun tak mau jangan sampai tersemat kepada GMNI pada era sekarang ini. Dia menekankan pemuda dan mahasiswa tetap menjadi ikon pendobrak kemajuan bangsa.

Terkait itulah, pemuda harus tetap diberi kesempatan mencari jati diri dan menjadi dirinya sendiri secara alamiah, tanpa konsesi dan kooptesi penguasa untuk kepentingan kaum tua.

“Mengingat matinya politik pemuda saat ini dalam menentukan keberlangsungan bangsa maka seharusnya pola hubungan patron-klien, senior-junior, tua-muda perlu diubah menjadi pola kesetaraan yang saling menghormati dalam proses kaderisasi,” demikian papar dia dalam orasi kebangsaan.

Adapun pelantikan PA GMNI itu sekaligus melantik pengurus cabang GMNI se-DIY.

Ketua Panitia Pelantikan PA GMNI, Sumarjono berharap kepengurusan baru dapat menjadi wadah perjuangan alumni GMNI di DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya