SOLOPOS.COM - Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X (JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

JOGJA — Puncak Festival Winongo 2012 akan diselenggarakan pada Minggu (18/11/2012), dengan mengundang sejumlah pejabat termasuk Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Kegiatan dikemas dalam kegiatan seni budaya menampilkan teatrikal oleh penari kondang Didik Nini Thowok.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Koordinator Festival Kali Winongo Asri (FKWA) Endang Rohjiani menyampaikan acara dimulai pukul 09.00 WIB. Tamu undangan dicegat dari depan SMA N 2 Yogyakarta, kemudian naik becak sejauh kurang lebih 400 meter menuju Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bener RT 10 RW 03 Tegalrejo.

“Selama perjalanan menuju RTH, para tamu undangan disuguhi tari teatrikal masyarakat yang dikomandani Didik Nini Thowok. Masyarakat dilibatkan langsung ikut teatrikal dan mereka sudah latihan selama satu minggu,” katanya disela acara khitanan massal rangkaian FKWA di RTH Bener, Sabtu (17/11/2012).

Kehadiran raja Jogja tersebut sekaligus menjadikan Sultan sebagai tokoh program kali bersih (prokasih). Semangat dari Gubernur diharapkan mewujudkan kali yang bersih membawa keselamatan dan berkah bagi masyarakat di sekitarnya. Sultan juga berkenan untuk naik gethek (perahu dari bambu).

“Kami sudah bendung kali, ngarsa dalem nanti akan diajak naik gethek,” terang Endang.

Selain melibatkan masyarakat Jogja, FKWA juga merangkul masyarakat dari Sleman dan Bantul guna mendeklarasikan kali bersih. Deklarasi ini diikuti pembentukan pasukan prokasih sebagai komandan kebersihan kali di sepanjang Sleman, Jogja dan Bantul.

“Deklarasi ini sebagai komitmen untuk menjaga kebersihan sepanjang kali Winongo melibatkan warga Sleman, Jogja dan Bantul,” kata perempuan berkerudung tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya