SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Brunei Darussalam — Setelah 5 tahun menikah, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah,63, menceraikan istrinya, mantan jurnalis TV3 Malaysia, Azrinaz Mazhar Hakim,30. Azrinaz pun memperoleh satu perusahaan Celcom Blue Bear(TM) dan uang senilai RM 10.000 atau Rp 28 juta. Gelar kerajaan Azrinaz pun dicopot.

Istana Brunei mengumumkan perceraian ini melalui televisi dan radio milik pemerintah pada Rabu 16 Juni malam, seperti dilansir dari Malaysian Insider, Kamis (17/6).

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Tidak ada penjelasan detil tentang alasan perceraian ini, namun rumor-rumor perceraian Sultan dan Azrinaz itu sudah beredar di Brunei.

Sultan Hassanal Bolkiah menikah dengan Azrinaz pada tahun 2005 setelah keduanya jatuh cinta pada pandangan pertama, walaupun jarak usia mereka 32 tahun. Sultan jatuh cinta pada jurnalis penerima penghargaan itu saat Azrinaz ke Brunei tahun 2003 untuk bertugas. Dan sejak itu Sultan tak berhenti memandangi Azrinaz saat membacakan berita di TV3.

Dari pernikahan dengan Azrinaz, Sultan memiliki seorang anak laki-laki yang lahir pada tahun 2006 dan seorang anak perempuan pada tahun 2008. Kelahiran 2 anak itu menggenapi anak Sultan Hassanal menjadi 11 orang.

Perceraian ini merupakan perceraian kedua bagi Sultan yang memiliki kekayaan Rp 182 triliun itu. Sebelumnya dia menceraikan istrinya yang merupakan mantan pramugari keturunan Brunei, Jepang dan Scotlandia, Mariam Abdul Aziz pada 2003. Mariam dicerai setelah dinikahi Sultan selama 21 tahun.

Dengan demikian, Sultan masih terikat pernikahan dengan istri pertamanya Raja Isteri Pengiran Anak Saleha yang dinikahi tahun 1967. Putra mahkota Al-Muhtadee Billah Bolkiah merupakan anak dari Sultan dan Anak Saleha yang digadang-gadang akan menggantikan Sultan.

Sultan sendiri naik tahta pada 5 Oktober 1967, menggantikan ayahnya yang turun tahta.

Kekayaan Sultan Brunei legendaris karena saat bermain polo dengan Pangeran Charles dari Inggris, Sultan meminta sepatunya diantarkan dengan helikopter ke lapangan istana.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya