SOLOPOS.COM - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, BANTUL–Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X akan membangun embung di Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri agar makin menggeliatkan pertanian di desa pinggiran di Kabupten Bantul itu.

Embung diharapkan bisa menaikkan hasil pertanian di desa yang memiliki luas 260 hektare tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Teknisnya nanti bisa dikelola jadi badan usaha desa. Dengan cara itu kami tidak harus membebani pemerintah,” kata Gubernur dalam kunjungan di Balai Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri, Rabu (26/2/2014).

Sultan mengatakan rencana membangun embung karena potensi aliran Sungai Oya ke Goa Song Bolong cukup memungkinkan untuk dimanfaatkan guna mengaliri kebutuhan sektor pertanian yang hanya mengandalkan dari air tadah hujan. Gubernur meminta kesiapan desa menyambut rencana pembangunan embung nanti.

Kedatangan Gubernur ke Desa Selopamioro untuk berdialog dengan warga dan juga diikuti Bupati Bantul Sri Surya Widati. Kunjungannya itu sekaligus meresmikan kegiatan Desa Selopamioro bersumber dari anggaran hibah DIY. Pada tahun Anggaran 2013 lalu desa paling tenggara Bantul ini memperoleh bantuan senilai Rp1,5 miliar.

Gubernur DIY mengakui bantuan hibah sebesar Rp1,5 miliar tidak akan bisa menjawab tumbuh kembangnya kesejahteraan. Pasalnya, bantuan berupa hibah ini hanya stimulan. Gubernur berharap ada kebersamaan dan gotong royong yang nantinya pasti aka nada hasil positif,” ujanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya