Tutup Iklan

Sultan Abdullah Raja Baru Malaysia

Sultan Abdullah menggantikan Sultan Muhammad V dari Kelantan yang mendadak mengundurkan diri di tengah-tengah masa jabatannya.

Sultan Abdullah Raja Baru Malaysia

SOLOPOS.COM - Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah dari Pahang. /South China Morning Post

KUALA LUMPUR - Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah dari Pahang terpilih sebagai Raja Malaysia atau Yang Dipertuan Agung. Sultan Abdullah menggantikan Sultan Muhammad V dari Kelantan yang mendadak mengundurkan diri di tengah-tengah masa jabatannya. Berdasarkan tradisi, setiap sultan dari sembilan kerajaan yang membentuk Malaysia secara bergiliran menjadi Yang Dipertuan Agung untuk masa jabatan selama lima tahun melalui pemilihan  yang dilakukan kesembilan sultan itu.

    Sultan Abdullah, 59, secara resmi akan naik takhta dalam upacara penobatan pada 31 Januari mendatang. Dia terpilih dalam pertemuan Majelis Para Raja yang menyelenggarakan pemilihan secara rahasia pada Kamis (24/1/2019).  Seperti umumnya negara kerajaan konstitusional di dunia, Raja Malaysia sebagai kepala negara lebih banyak mengemban tugas seremonial. Namun peran raja diperlukan untuk memberi restu dalam penunjukan perdana menteri dan berbagai posisi tertinggi pemerintahan.

    Sultan Abdullah ada dalam urutan kedua posisi untuk menjadi Yang Dipertuan Agung. Raja yang digantikannya, Sultan Muhammad V, mundur setelah baru menjabat selama dua tahun. Inilah kali pertama seorang sultan yang menjadi Yang Dipertuan Agung mengundurkan diri di tengah masa jabatannya.  Alasan sebenarnya pengunduran diri Sultan Muhammad V hingga kini masih tak jelas. Akhir tahun lalu tiba-tiba beredar foto-fotonya yang disebut sedang melangsungkan pernikahan dengan mantan Miss Moscow, Rusia, Oksana Voevodina . Pemerintah dan sang sultan sendiri tak pernah memberikan konfirmasi atau menyangkal soal berita pernikahan itu.

    Sultan Abdullah sendiri baru pekan lalu naik takhta memimpin Pahang, menggantikan ayahnya, Sultan Ahmad Shah, yang turun takhta karena sakit. Melihat urut-urutan giliran menjadi Yang Dipertuan Agung, naik takhtanya Abdullah di Pahang dinilai sebagai pertanda bahwa dialah yang akan menduduki posisi itu.

    Sultan Abdullah dalam kesehariannya adalah salah satu anggota dewan pengawas organisasi sepak bola dunia, FIFA. Dia juga mengetuai Federasi Hoki Asia.

    Berita Terkait

    Berita Terkini

    Viral di Tiktok, Ini Lirik dan Terjemahan Lagu Meurindu - Rialdoni

    Lirik dan terjemahan lagu meurindu milik penyanyi Aceh banyak dicari setelah viral di media sosial, yuk simak baik-baik di sini!

    Gojek Luncurkan Festival Kuliner Solo, Catat Tanggalnya

    Gojek berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Solo menghadirkan Festival Kuliner Solo (FKS) yang melibatkan ratusan mitra usaha Go Food.

    Kasus Covid-19 Klaster Pabrik Sepatu Karanganyar Masih Terus Bertambah, Total 113 Orang

    Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 dari klaster pabrik sepatu di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, masih terus bertambah.

    Begini Cara Mengajari Anak Berwirausaha Sejak Dini

    Agar buah hati termotivasi jadi pengusaha, tak ada salahnya orang tua mengajari anak berwirausaha.

    Tiga Cara Menikmati Croffle Hits dari Tjemilan oleh Kopi Soe

    Sebagai kedai camilan favorit masyarakat, Tjemilan oleh Kopi Soe juga menghadirkan aneka varian croffle yang dinamai #Soeffle.

    Tren Naik, Kasus Covid-19 di Sukoharjo Tambah 88 Orang dalam Sehari

    Kasus Covid-19 di Sukoharjo bertambah 88 orang dalam sehari pada Kamis (24/6/2021). Penambahan itu membuktikan tren penambahan kasus Covid-19 di Sukoharjo masih naik.

    Bapas Solo Sebut Mediasi Kasus Perusakan Makam Oleh Anak-Anak Di Mojo Telah Selesai, Hasilnya?

    Proses mediasi kasus perusakan makam Mojo, Pasar Kliwon, Solo, yang melibatkan 10 anak-anak sudah selesai dengan pendampingan Bapas.

    Melonjak! Pemusalaran Jenazah Prosedur Covid-19 di Sukoharjo Capai 22 Orang dalam Sehari

    Sebanyak 22 jenazah dimakamkan dengan prosedur Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo dalam sehari. Kondisi ini melonjak tajam dari biasanya empat jenazah.

    Diduga Gegara Depresi, Perempuan asal Pati Terjun ke Sumur

    Seorang perempuan di Pati diduga nekat mengakhiri hidup dengan menceburkan diri ke sumur. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

    Bangun Tidur Buka Jendela, Warga Sukodono Sragen Shock Temukan Tetangga Gantung Diri

    Seorang pria lansia asal Sukodono, Sragen, nekat mengakhiri hidup dengan cara gantung diri di belandar rumah pada Jumat (25/6/2021).

    Uji Sampel Covid-19 Melonjak, BBVet Wates Kulonprogo Kewalahan

    Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates kewalahan menguji sampel lantaran melonjaknya kasus Covid-19 di Kulonprogo.

    Faktor Ratusan ODGJ Bisa Sembuh dari Covid-19: Tak Stres Pikirkan Corona

    Ratusan pasien ODGJ dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama sebulan, begini penjelasannya.