SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KUALA LUMPUR – Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah dari Pahang terpilih sebagai Raja Malaysia atau Yang Dipertuan Agung. Sultan Abdullah menggantikan Sultan Muhammad V dari Kelantan yang mendadak mengundurkan diri di tengah-tengah masa jabatannya. Berdasarkan tradisi, setiap sultan dari sembilan kerajaan yang membentuk Malaysia secara bergiliran menjadi Yang Dipertuan Agung untuk masa jabatan selama lima tahun melalui pemilihan  yang dilakukan kesembilan sultan itu.

    Sultan Abdullah, 59, secara resmi akan naik takhta dalam upacara penobatan pada 31 Januari mendatang. Dia terpilih dalam pertemuan Majelis Para Raja yang menyelenggarakan pemilihan secara rahasia pada Kamis (24/1/2019).  Seperti umumnya negara kerajaan konstitusional di dunia, Raja Malaysia sebagai kepala negara lebih banyak mengemban tugas seremonial. Namun peran raja diperlukan untuk memberi restu dalam penunjukan perdana menteri dan berbagai posisi tertinggi pemerintahan.

    Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

    Sultan Abdullah ada dalam urutan kedua posisi untuk menjadi Yang Dipertuan Agung. Raja yang digantikannya, Sultan Muhammad V, mundur setelah baru menjabat selama dua tahun. Inilah kali pertama seorang sultan yang menjadi Yang Dipertuan Agung mengundurkan diri di tengah masa jabatannya.  Alasan sebenarnya pengunduran diri Sultan Muhammad V hingga kini masih tak jelas. Akhir tahun lalu tiba-tiba beredar foto-fotonya yang disebut sedang melangsungkan pernikahan dengan mantan Miss Moscow, Rusia, Oksana Voevodina . Pemerintah dan sang sultan sendiri tak pernah memberikan konfirmasi atau menyangkal soal berita pernikahan itu.

    Sultan Abdullah sendiri baru pekan lalu naik takhta memimpin Pahang, menggantikan ayahnya, Sultan Ahmad Shah, yang turun takhta karena sakit. Melihat urut-urutan giliran menjadi Yang Dipertuan Agung, naik takhtanya Abdullah di Pahang dinilai sebagai pertanda bahwa dialah yang akan menduduki posisi itu.

    Sultan Abdullah dalam kesehariannya adalah salah satu anggota dewan pengawas organisasi sepak bola dunia, FIFA. Dia juga mengetuai Federasi Hoki Asia.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
    Solopos Stories
    Honda Motor Jateng
    Honda Motor Jateng
    Rekomendasi
    Berita Lainnya