Tutup Iklan
Sulit Cari Kerja di Masa pandemi? Jangan Pusing Simak Tips Ini
Ilustrasi pencari kerja (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Solopos.com, SOLO -- Mencari kerja di masa pandemi Covid-19 memang tak mudah, namun bisa disiasati lewat tips cari kerja ini.

Seperti diketahui, pandemi virus corona berdampak pada kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK). Langkah ini terpaksa diambil pengusaha demi mempertahankan perusahaan supaya tidak gulung tikar.

Alhasil, pengangguran pun menumpuk. Bahkan di Amerika Serikat (AS) terdapat lebih dari 30 juta pengangguran terhitung sejak Maret lalu. Saat krisis ekonomi seperti ini tentu susah untuk mencari pekerjaan, begitu juga terhadap fresh graduate.

Ditentang Sana-Sini, Persiapan Pasar Rakyat di Alkid Keraton Solo Tetap Jalan?

Meski demikian, bukan berarti cari kerja di masa pandemi tidak bisa dilakukan. Berikut beberapa tips cari kerja di masa pandemi yang bisa Anda coba seperti dikutip dari Bisnis.com:

Motivasi diri

Luaskan relasi dengan menghidupkan persahabatan dan koneksi kepada orang lain. Mencari info lowongan pekerjaan sebanyak mungkin yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Dalam sehari usahakan melamar setidaknya lima perusahaan.

Fokus terhadap tujuan dalam mencari pekerjaan dan selalu percaya diri dan bersabar.

“Percayalah pada diri sendiri dan bersabarlah berpikir itu mungkin tidak tampak begitu. Para ahli mengatakan bahwa periode ini datang sebagai berkah bagi kandidat yang menganggur untuk bekerja pada keterampilan mereka,” kata Spesialis SDM senior di bisnis e-commerce terkemuka, Vinod Arora seperti dikuti Detik.com, Kamis (9/7/2020).

Nyam-Nyam! Warga Wonogiri Bikin Mi Ayam Instan, Tanpa Bahan Pengawet Lho

Asah Keterampilan

Tips cari kerja selanjutnya adalah terus mengasah keterampilan dan bakat yang dimiliki. Akan lebih baik lagi jika menambah keterampilan sebelum mendapat pekerjaan.

“Cara terbaik untuk maju adalah dengan percaya diri. Tinggal dirumah selama tiga hingga empat bulan tidak mengurangi efisiensi, kemampuan kerja, atau bahkan bakat Anda. Prioritaskan untuk mendapatkan pekerjaan alih-alih menuntut pekerjaan yang tepat,” terang Arora.

Untuk menambah keterampilan Anda bisa bergabung dengan organisasi yang meningkatkan keterampilan seperti Career One Stop dari Departemen Tenaga Kerja. Di organisasi tersebut akan diajarkan cara mendapatkan tunjangan pengangguran, membuat CV, mempersiapkan wawancara, dan pelatihan prakerja.

Sssttt... Ini Rahasia Giman Si Pria Ngawi Pindahkan Rumah Sendirian dalam Sekejap di Tengah Malam

Coba Part Time dan Freelance

Cobalah mencari pekerjaan paruh waktu (part time) yang ada di lingkungan sekitar. Seperti pegawai toko atau supermarket.

Dapat juga mengembangkan potensi yang dimiliki dengan bekerja freelance, seperti membuka kursus untuk anak-anak yang belajar di rumah, buka jasa desain, atau proyek freelance lainnya.

Melamar di Situs Resmi

Tips cari kerja berikutnya adalah pastikan saat melamar pekerjaan di perusahaan, pengumuman lowongan berasal dari situs resmi dan atas nama perusahaan sendiri. Supaya dapat diketahui siapa yang bertanggung jawab dalam perekrutan pekerjaan tersebut.

Merapi Menggembung, Boyolali Terapkan Desa Saudara, Apa Itu?

Mencari Informasi Latar Belakang Perusahaan

Tip cari kerja terakhir adalah mencari latar belakang perusahaan. Bisa juga mencari ulasan dari karyawan yang bekerja di sana dapat dicari di situs resmi perusahaan. Ini penting untuk memastikan perusahaan yang jadi incaran benar-benar ada dan memiliki rekan jejak positif.

Terdapat beberapa situs pekerjaan seperti Monster, CareerBuilder, ZipRecruiter, Glassdoor, dan LinkedIn yang bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan informasi mengenai perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Selain itu, dapat juga mengamati rekan yang bekerja di perusahaan tersebut. Selamat mencoba!


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho