SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

NIAMEY—Putra mendiang Muammar Khadafi, Saif al Islam diduga kuat berada di Niger. Mahkamah Internasional mendesak pemerintah Niger menyerahkan Saif, namun suku nomaden Tuareg pasang badan membela putra Khadafi itu.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (30/10), Mahkamah Internasional yang berbasis di Den Haag, Belanda mengatakan Saif al Islam telah bisa dihubungi lewat perantara dan diminta untuk menyerahkan diri. Saif memang meminta agar tidak ditangkap oleh pemerintahan interim Libya.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Namun pria 39 tahun itu dilindungi tentara bayaran. Pemerintah Niger pun tidak ingin mengomentari pernyataan pemimpin lokal yang mengatakan Saif bersama mereka di pegunungan. Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan ada pembicaraan menyiapkan rencana kabur untuk Saif dan mantan kepala intelijen Libya Abdulah al Senussi yang diburu Mahkamah Internasional untuk kejahatan perang.

“Kami siap menyembunyikan dia kemanapun dibutuhkan. Kami katakan pada masyarakat internasional, jangan ikut campur. Pemerintah juga jangan menyerahkan dia (Saif). Kalau tidak kamu akan turun ke jalanan dan mereka akan berhadapan dengan kami,” kata Mouddour Barka dari Agadez, kota diduga tempat persembunyian Saif.

Jaksa dari Mahkamah Internasional, Luis Moreno-Ocampo mengatakan dari Beijing, mereka sudah bisa menghubungi Saif lewat perantara. Namun diakui, perlindungan dari tentara bayaran menyulitkan situasinya.

“Kami punya informasi ada tentara bayaran yang mencoba membantu dia untuk pindah ke negara lain, jadi kami berupaya mencegahnya. Beberapa diduga orang Afrika Selatan,” kata Moreno-Ocampo.

Keluarga Khadafi diketahui menjalin hubungan erat dengan sejumlah suku padang pasir di Nigeria, Mali, dan negara miskin bekas jajahan Prancis di Afrika Barat. Bahkan mereka menganggap Khadafi semacam pahlawan.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya