SOLOPOS.COM - Petenis meja ganda putra Indonesia Banyu Tri Mulyo (kiri) dan M Rian Prahasta melakukan servis ke petenis meja ganda putra Thailand Phisit W dan Komkrit Charitsat pada bakan final tenis meja beregu TT8 ASEAN Para Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Senin (5/6/2023). Tim beregu putra kelas TT8 Indonesia berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand dengan skor 2-1. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/nym).

Solopos.com, PHNOM PENH–Sebanyak 19 atlet para-tenis meja yang berlaga di ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja diproyeksikan menjalani pemusatan latihan di Kota Solo, Jawa Tengah, untuk persiapan berlaga di Asian Para Games 2023 Hangzhou.

Pada ASEAN Para Games 2023, para-tenis meja sukses melampaui target awal medali emas yang dicanangkan yaitu 13 medali emas. Kini tim Indonesia telah meraih 18 medali emas dan lima perak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Alhamdulillah dengan perjuangan anak-anak kami, tim para-tenis meja Indonesia telah memperoleh 18 medali emas dan lima perak,” kata pelatih para-tenis meja Suwarno di Table Tennis Hall, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, dikutip dari Antara, Rabu (7/6/2023).

Menurutnya, target yang telah terlampaui merupakan hasil dari perjuangan keras para atlet saat pelatnas yang berpusat di Kota Solo, Jawa Tengah.

“Alhamdulillah ini hasil kerja keras sehingga mampu melebihi target dari NPC Indonesia. Target awal kami adalah 13 medali emas. [Hari ini] mudah-mudahan, insyaallah medali emas masih bisa bertambah dari nomor single putra dan single putri,” sambung dia.

Para-tenis meja Indonesia menurunkan 36 atlet putra dan putri. Usai perhelatan ASEAN Para Games ini sebanyak 19 atlet akan mengikuti pelatnas yang berpusat di Solo, Jawa Tengah guna persiapan Asian Para Games Hangzhou dan Paralimpiade 2024 Paris.

“Sebanyak 19 atlet terseleksi akan tetap tinggal di Solo untuk lanjut pelatnas Asian Para Games Hangzhou dan Paralimpiade Paris. Selebihnya, bisa pulang ke daerahnya masing-masing. Mungkin diproyeksikan untuk ASEAN Para Games di Thailand 2025,” tambah Suwarno.

Tim para-tenis meja Indonesia mendominasi di tujuh nomor yang dipertandingkan sebelumnya. Tujuh emas para-tenis meja masing-masing disumbangkan tim beregu putra TT8 (Mohamad Rian Prahasta, Banyu Tri Mulyo, Leonardo Aritonang), beregu putri TT5 (Leli Marlina, Tarsilem), beregu putri TT9 (Imas Yuniar, Hana Resti).

Selanjutnya, tim beregu putra TT4 (Yayang Gunaya, Adyos Astan, Sunarto), beregu putri TT8 (Suwarti, Hamida, Siti Fadhillah), beregu putri TT10 (Sella Dwi Radayana, Cici Juliana), beregu putra TT8 (Mohamad Rian Prahasta, Banyu Tri Mulyo, Leonardo Aritonang), dan beregu putra TT 5 (Tatok Hardiyanto, Barce Eynstend Layaba, Sefrianto).

Sementara itu, medali perak dipersembahkan beregu putri TT 1-3 (Osrita Muslim, Idayani, Listiana Herawati), beregu putra TT 9 (Kusnanto, Aman Suratman), beregu putra TT 6-7 (Enceng Mustopa, Rahmad Hidayat, Varly Jerico), beregu putra TT 10 (Komet AkbAr, Hilmi Azizi), dan beregu putra TT 1-3 (Andi Santoso, Cahyo Pambudi, Audy Ngangi).

???????Tambahan 11 medali emas diperoleh dari dobel putra TT10 (Komet Akbar/Hilmi Azizi), dobel putra TT4 (Adyos Astan/Yayang Gunaya), dobel putra TT5 (Barce Layana/Tatok Hardiyanto), dobel putra TT8 (Banyu Tri/M. Rian), dobel campuran T4 (Adyos Astan/Tarsilem), dobel campuran T8 (Suwarti/M.Rian).

Kemudian, dobel campuran TT10 (Sella Dwi/Komet Akbar), dobel campuran TT9 (Imas Yuniar/Aman Suratman), dobel putri TT10 (Sella Dwi/Cici Juliani), dobel putri TT5 (Leli Marlina/Tarsilem), dobel putri TT8 (Hamida/Swarti) dan dobel putri TT9 (Hana Resti/Imas Yuniar).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya