Sukoharjo Terapkan PTM 100 Persen, Kantin Sekolah Boleh Buka Tapi...

Aktivitas PTM 100 persen di sekolah diterapkan saat para siswa di Sukoharjo kembali masuk sekolah setelah menjalani libur Lebaran.

 Ilustrasi sekolah tatap muka. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sekolah tatap muka. (Antara)

Solopos.com, SUKOHARJO – Kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di sekolah telah diterapkan di Sukoharjo setelah libur Lebaran atau sejak 9 Mei 2022. Kini, kantin sekolah diperbolehkan beroperasi dengan pembatasan jumlah pengunjung seiring terbitnya surat keputusan bersama (SKB) empat menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melakukan penyesuaian Surat Keputusan Bersama (SKB Empat Menteri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

PromosiKemiskinan Ekstrem Jadi PR Berat Ramos-Horta Pimpin Timor Leste

Dalam aturan itu disebutkan, bagi satuan pendidikan yang menerapkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 dan level 2 dengan capaian vaksinasi di atas 80 persen diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari di sekolah. Saat ini, Sukoharjo masih menerapkan PPKM level 2.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Warsini, mengatakan aktivitas PTM 100 persen di sekolah diterapkan saat para siswa kembali masuk sekolah setelah menjalani libur Lebaran. Kegiatan PTM 100 persen di sekolah bisa diterapkan lantaran status PPKM level 2 dan capaian vaksinasi Covid-19 di Sukoharjo di atas 60 persen.

“Sebenarnya, kegiatan PTM 100 persen bisa diterapkan saat Bulan Puasa. Namun, waktunya mepet dengan libur Lebaran. Sehingga baru diterapkan setelah menjalani libur Lebaran,” kata dia, Kamis.

Baca juga: Penanganan Pencemaran PT RUM Tak Tuntas, Warga Ngadu ke DPRD Sukoharjo

Warsini menyampaikan sesuai SKB 4 Menteri, kantin sekolah diizinkan dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pengelola kantin wajib memakai masker dan menyediakan tempat cuci tangan di area kantin. Para siswa wajib mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum makan dan minum di kantin.

Pengunjung Masih Dibatasi

Pihak sekolah diminta melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan terhadap aktivitas kantin sekolah. “Pengunjung kantin masih dibatasi yakni 75 persen untuk daerah dengan status PPKM level 1 dan level 2. Sukoharjo statusnya level 2 jadi masih ada pembatasan jumlah pengunjung kantin sekolah,” ujar dia.

Lebih jauh, Warsini menambahkan mayoritas pelajar telah menerima vaksin dosis satu dan dosis dua pada beberapa bulan lalu. Hal ini bagian dari meningkatkan imunitas tubuh mereka di tengah gempuran Covid-19 yang belum sepenuhnya hilang.

Baca juga: Nasib Terminal Bahan Baku Rotan di Sukoharjo, Digagas 14 Tahun Lalu

Dia menegaskan Disdikbud Sukoharjo selalu berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo terkait beragam kebijakan di bidang pendidikan. “Sebentar lagi, pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 jenjang SMP secara online. Setiap sekolah mulai melakukan persiapan pelaksanaan PPDB tahun ajaran baru,” kata dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Pemkab Wonogiri akan Bangun Mal Pelayanan Publik di Lokasi Ini

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri bakal membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) di area Gedung Pertemuan Giri Cahaya, Kelurahan Giritirto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri pada tahun ini.

Kecelakaan di Dayu Sragen, Pengendara Motor dan Pejalan Kaki Meninggal

Tabrak pejalan kaki yang menyeberang saat mengendarai sepeda motor, remaja putri asal Desa Jurangjero, Karangmalang, Sragen, meninggal dunia. Begitu pula dengan pejalan kaki yang ditabrak.

Ini Cara Beli Tiket Masuk Gunung Kemukus via Online

Membeli tiket masuk Gunung Kemukus Sragem secara online begitu mudah. Anda bisa simak caranya di artikel ini.

Target Peserta Virtual Job Fair Wonogiri Tak Tercapai, Ini Penyebabnya?

Target 1.500 pencari kerja (pencaker) pendaftar di Virtual Job Fair Dinas Tenaga Kerja (Diskaner) Wonogiri tidak tercapai.

Sekarang Beli Tiket Objek Wisata Gunung Kemukus Bisa Online

Membeli tiket Gunung Kemukus Sragen kini lebih mudah karena bisa dilakukan secara online melalui aplikasi e-ticketing.

Jalan di Klaten Ini Resmi Bernama Jl. Dr. R. Soeharto, Lokasinya?

Ruas jalan Gebyok-Jimbung, Kecamatan Kalikotes resmi bernama Jl. Dr. R. Soeharto.

Mantap, Minum Jamu Jadi Lifestyle Kekinian di Sukoharjo

Kini, meminum jamu menjadi kebiasaan dan gaya hidup atau lifestyle seiring munculnya pandemi Covid-19 pada Maret 2020.

Mulai Kampanye, Juliyatmono Minta Dukungan Suara Nyaleg DPR RI

Meski masih menjabat Bupatin Karanganyar, Juliyatmono sudah mulai terang-terangan menyatakan diri akan maju mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dan meminta dukungan kader Partai Golkar.

Masih Banyak yang Kecele Arah Baru Lalu Lintas Alun-Alun Karanganyar

Sejumlah pengguna jalan masih ada yang kecele saat melintas di Alun-alun Karanganyar yang mengalami perubahan arah lalu lintas. Sosialisasi terkait perubahan itu akan terus dilakukan selama sebulan.

Bakal Dilewati KRL, Ternyata Begini Sejarah Jalur KA Solo Balapan-Palur

Jalur KA Solo Balapan-Palur yang akan dipakai untuk jalur KRL ternyata dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda, begini ceritanya.

Tabrak Truk Terparkir di Jl. Solo-Jogja, Pengendara Vespa Matik Terluka

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jl. Solo-Jogja, tepatnya di depan Klinik Ihsan Dutomulyono, Kecamatan Ceper, Jumat (27/5/2022) pukul 15.00 WIB.

Tahukah Kamu? Ini Sejarah Nama Kandang Menjangan Kartasura

Dulu lokasi bekas Keraton Kartasura lambat laun berubah lagi menjadi hutan yang dihuni oleh berbagai jenis binatang liar, termasuk menjangan,

KRL Solo-Jogja Sampai Palur Mulai Juli 2022, Kapan Sampai Madiun?

Wacana KRL Solo-Jogja sampai Madiun mengemuka sejak KRL beroperasi dan warganet menginginkan KRL beroperasi hingga Kutoarjo dan Madiun.

5 Sapi Positif PMK di Klaten Sembuh

Sebanyak lima dari enam sapi di Klaten yang sebelumnya terkonfirmasi terserang penyakit mulut dan kuku (PMK) dinyatakan sembuh.

Solo Hari Ini: 27 Mei 2014, Mahasiswa Tenggelam di Tirtomoyo Jebres

Delapan tahun lalu, tepatnya 27 Mei 2014, Solopos.com menurunkan berita seorang mahasiswa salah satu fakultas perguruan tinggi Solo, EY, 20, meninggal karena tenggelam di Kolam Renang Tirtomoyo Solo.