Sukoharjo Segera Miliki Gedung Pertemuan Megah Senilai Rp52 M!
Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo akan membangun gedung pertemuan dengan menelan anggaran Rp52 miliar pada tahun 2020 ini.

Gedung pertemuan dibangun dengan menggabungkan tiga gedung, yakni bekas gedung Budi Sasono, bangunan DPRD lama, dan Bank Pasar.

Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (IRW) Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelbangda) Sukoharjo Agus Purwantoro mengatakan pembangunan gedung pertemuan akan dimulai dengan pembongkaran bangunan lama.

Sebelumnya bangunan telah dikosongkan seperti gedung DPRD yang pindah ke Mandan, Sukoharjo. Pembongkaran ini akan dikerjakan dalam waktu dekat.

"Kedua gedung tersebut akan mulai dibongkar tahun ini. Prosesnya dengan penghapusan aset terlebih dahulu," kata dia saat berbincang dengan wartawan, Senin (13/1/2020).

Merujuk detail engineering design (DED), gedung pertemuan akan dibangun terbuka untuk umum di lahan seluas 11.169 meter persegi. Dengan luas bangunan 6.550 meter persegi.

Pembangunan gedung pertemuan tersebut di anggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 dengan total anggaran Rp 52 miliar. Dia mengatakan pembangunan gedung pertemuan mendesak direalisasikan menilik dari segi DED, anggaran hingga aset daerah sudah siap.

"Dari segi studi kelayakan sudah kami petakan. Gedung-gedung pertemuan yang ada seperti gedung Budi Sasono dan PGRI belum mampu memenuhi kapasitas dalam jumlah banyak. Dan parkir juga harus keluar dan memakan badan jalan," terangnya.

Agus mengaku pembangunan gedung pertemuan baru ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan baik kapasitas penampungan pengguna sampai lahan parkir.

Gedung pertemuan Budi Sasono misalnya meski lokasi strategis berada di tengah kabupaten namun kurang representatif sehingga perlu perluasan. Lahan parkir yang ada juga terbatas bahkan kerap meluber ke badan jalan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa memrinci beberapa proyek akan dikerjakan di antaranya peningkatan jalan Sugihan-Paluhombo, jalan lingkar timur (JLT), jalan lingkar barat (JLB), pembangunan gedung pertemuan serba guna, GOR Sukoharjo dan lainnya.

Tergiur Harga Murah, Puluhan Warga Sukoharjo Jadi Korban Penipuan Eks Karyawan Diler Motor

Dia mengatakan gedung serba guna eks Budi Sasono akan dibangun dengan difasilitasi beragam prasarana. Gedung Budi Sasono yang ada saat ini nanti akan dirobohkan bersama bekas gedung DPRD tepat disebelahnya.

"Bekas gedung Dewan akan kita gunakan untuk perluasan gedung serba guna Budi Sasono," katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho