SOLOPOS.COM - Sukarelawan dan warga memadamkan api yang membakar semak di hutan Gunung Lawu di Desa Anggrasmanis, Jenawi, Karanganyar, Rabu (23/10/2019). (Istimewa/Dokumentasi Ketua Regeng, Sumarno)

Solopos.com, KARANGANYAR --Sejumlah sukarelawan berusaha memadamkan api yang membakar semak di hutan Gunung Lawu di Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (23/10/2019).

Informasi yang dihimpun dari Relawan Gumeng (Regeng), Rabu, puluhan orang yang tergabung dalam sejumlah organisasi sukarelawan masih berupaya memadamkan api di dua lokasi di Anggrasmanis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka dari Sukarelawan Ceto (Reco), Regeng, Sukarelawan Karangpandan (Rendan), Disaster Management Center (DMC), bersama warga masyarakat berupaya memadamkan api sejak Selasa (22/10) siang.

"Upaya memadamkan api sudah dilakukan sejak Selasa siang. Titik api ketahuan siang itu. Yang terbakar masuk di wilayah Desa Anggrasmanis. Kami ke lokasi berupaya memadamkan api secara manual. Digebuk-gebuk," kata Sumarno saat dihubungi , Rabu.

Sumarno menyampaikan bahan yang terbakar adalah rumput, semak, dan pohon kering. Hingga Rabu siang, mereka masih berupaya memadamkan api. Upaya pemadaman kebakaran dilakukan secara bergantian dalam beberapa tim.

"Ada tim yang bergantian naik. Satu tim isinya 50-60 orang. Memadamkan di dua lokasi yang enggak terlalu jauh," tutur dia.

Sumarno menyampaikan lahan yang terbakar tidak berada di jalur pendakian ke Gunung Lawu melalui Candi Ceto. Dari lokasi kebakaran ke jalur pendakian berjarak tiga kilometer.

"Kondisi sekarang berkabut di sekitar lokasi kebakaran. Ini masih proses pemadaman. Ini titik api mulai mengecil. Itu bukan di jalur pendakian tetapi di dekatnya. Ya kira-kira berjarak tiga kilometer dari jalur pendakian," ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya