SUKARELAWAN BENCANA : Asyik, Relawan Jateng Dapat Bantuan Peralatan

SUKARELAWAN BENCANA : Asyik, Relawan Jateng Dapat Bantuan Peralatan

SOLOPOS.COM - Turis asing berada di pos Barameru dan berencana naik Gunung Merapi, Rabu (20/5/2015). Jalur pendakian ke Merapi masih ditutup meskipun operasi evakuasi Eri Yunanto, 21, dari kawah Merapi sudah selesai Selasa (19/5/2015). (JIBI/Solopos/Hijriyah Al Wakhidah)

Sukarelawan bencana Jateng mendapat bantuan dari pemerintah.

Solopos.com, SEMARANG-Ratusan sukarelawan bencana di Provinsi Jawa Tengah akan mendapat bantuan peralatan rescue atau penyelamatan dari pemerintah sebagai bentuk penghargaan atas berbagai penyelamatan yang dilakukan dalam peristiwa bencana.

"Teman-teman sukarelawan bencana ini mempunyai semangat dan keberanian, namun ternyata tidak ada dukungan berupa peralatan rescue [penyelamatan] yang memadai sehingga akan saya teruskan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana [BNPB]," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Jumat (22/5/2015)

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai bertemu dengan perwakilan Tim Relawan "Barameru" dari Kabupaten Boyolali yang berhasil mengevakuasi jasad korban mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Erry Yunant, 21, yang jatuh ke kawah Gunung Merapi.

Menurut Ganjar, dengan bantuan peralatan "rescue" yang lebih memadai maka para relawan dapat lebih maksimal dalam melaksanakan tugas-tugasnya bersama dengan tim SAR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

"Saya ingin mengumpulkan teman-teman relawan dan menciptakan suatu sistem sehingga ke depan kalau ada bencana mereka dapat segera melakukan 'rescue' [penyelamatan] sesuai dengan keahlian masing-masing," ujarnya.

Ganjar menjelaskan tidak semua orang mampu menjadi relawan karena membutuhkan talenta, keahlian, dan teknik-teknik khusus.

"Turun ke kawah yang suhunya di atas 100 derajat Celcius tanpa menggunakan alat yang memadai untuk mengevakuasi korban itu luar biasa menurut saya," katanya.

Saat bertemu dengan sukarelawan Barameru yang sengaja diundang tersebut, Ganjar mendengarkan langsung kesaksian dari Bakat Setyawan alias Lahar yang turun langsung ke kawah Gunung Merapi bersama salah satu relawan untuk mengevakuasi jasad Ery Yunanto.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak, baik dari Jawa Tengah maupun Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terlibat dalam proses evakuasi salah satu pendaki yang terjatuh ke kawah Gunung Merapi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.

Liburan Cari Ikan, Bakul Bakso Tewas Kena Alat Setrum Punya Sendiri

Pedagang bakso di Grobogan, Jawa Tengah tewas setelah tersengat listrik dari alat setrum ikan milik sendiri saat mencari ikan.

Tolong Temannya yang Tercebur di Sungai, Pemuda Sukoharjo Tenggelam dan Meninggal Dunia

Seorang pemuda bernama Adam Susanto, warga Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo tenggelam di sungai di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Tambah 3 Lagi, 6 Jasad Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Ketemu

Sebanyak enam dari sembilan korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali ditemukan dan telah dievakuasi ke RSUD Waras Wiris.