Tutup Iklan

SUKARELAWAN BENCANA : Asyik, Relawan Jateng Dapat Bantuan Peralatan

SUKARELAWAN BENCANA : Asyik, Relawan Jateng Dapat Bantuan Peralatan

SOLOPOS.COM - Turis asing berada di pos Barameru dan berencana naik Gunung Merapi, Rabu (20/5/2015). Jalur pendakian ke Merapi masih ditutup meskipun operasi evakuasi Eri Yunanto, 21, dari kawah Merapi sudah selesai Selasa (19/5/2015). (JIBI/Solopos/Hijriyah Al Wakhidah)

Sukarelawan bencana Jateng mendapat bantuan dari pemerintah.

Solopos.com, SEMARANG-Ratusan sukarelawan bencana di Provinsi Jawa Tengah akan mendapat bantuan peralatan rescue atau penyelamatan dari pemerintah sebagai bentuk penghargaan atas berbagai penyelamatan yang dilakukan dalam peristiwa bencana.

“Teman-teman sukarelawan bencana ini mempunyai semangat dan keberanian, namun ternyata tidak ada dukungan berupa peralatan rescue [penyelamatan] yang memadai sehingga akan saya teruskan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana [BNPB],” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Jumat (22/5/2015)

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai bertemu dengan perwakilan Tim Relawan “Barameru” dari Kabupaten Boyolali yang berhasil mengevakuasi jasad korban mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Erry Yunant, 21, yang jatuh ke kawah Gunung Merapi.

Menurut Ganjar, dengan bantuan peralatan “rescue” yang lebih memadai maka para relawan dapat lebih maksimal dalam melaksanakan tugas-tugasnya bersama dengan tim SAR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Saya ingin mengumpulkan teman-teman relawan dan menciptakan suatu sistem sehingga ke depan kalau ada bencana mereka dapat segera melakukan ‘rescue’ [penyelamatan] sesuai dengan keahlian masing-masing,” ujarnya.

Ganjar menjelaskan tidak semua orang mampu menjadi relawan karena membutuhkan talenta, keahlian, dan teknik-teknik khusus.

“Turun ke kawah yang suhunya di atas 100 derajat Celcius tanpa menggunakan alat yang memadai untuk mengevakuasi korban itu luar biasa menurut saya,” katanya.

Saat bertemu dengan sukarelawan Barameru yang sengaja diundang tersebut, Ganjar mendengarkan langsung kesaksian dari Bakat Setyawan alias Lahar yang turun langsung ke kawah Gunung Merapi bersama salah satu relawan untuk mengevakuasi jasad Ery Yunanto.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak, baik dari Jawa Tengah maupun Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terlibat dalam proses evakuasi salah satu pendaki yang terjatuh ke kawah Gunung Merapi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.

Kemendikbud Klaim 78,3% SD Sudah Tatap Muka Terbatas

Kemendikbud Ristek mengklaim 78,3% dari 50.000 sekolah dasar di Indonesia telah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

Selebrasi Rasis Striker Austria Marko Arnautovic Berbuah Skors

Striker atau pemain depan Austria Marko Arnautovic diskors satu pertandingan oleh UEFA karena menghina pemain lain melalui selebrasi rasis.

Cek Video Ini! Beginikah Tsunami Maluku Tengah?

Gempa tektonik berkekuatan 6,1 M atau 6,0 mengguncang wilayah Maluku Tengah di Pulau Seram hingga Ambon, sehingga mendatangkan tsunami.