SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, JAKARTA— Bepergian seorang diri seringkali merupakan hal yang menakutkan bagi kaum wanita, namun jika mematuhi sejumlah aturan maka risikonya bisa dikurangi.

Tai Power Seeff, wanita fotografer yang telah berpetualang ke berbagai tempat di dunia, mengakui pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan selama perjalanannya, tapi tidak mengurangi keberaniannya dalam menemukan tempat-tempat terbaik untuk difoto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tas saya pernah dipotong menggunakan parang, sebuah pistol ditodongkan ke arah saya, dan pintu kamar tidur saya ditendang,” ujarnya sebagaimana dilansir oleh Bloomberg, (11/10/2013).

Dia memahami bahwa bepergian seorang diri, terutama sebagai seorang wanita, akan menguji intuisi, kepercayaan diri, rasa petualangan, dan penemuan jati diri.

Seringkali, seseorang memang akan merasa kesepian dan sendirian, namun kesenangan saat menemukan sesuatu yang baru di tempat yang juga baru bisa menghapus rasa itu.

Hal pertama yang dia sarankan supaya para wanita tetap aman saat melakukan solo travelling adalah menjaga diri supaya tidak meminum minuman beralkohol yang dicampuri zat lain.

“Seorang teman saya pernah ke Havana dan kehilangan US$2.000 setelah minumannya dicampuri sesuatu oleh si bartender. Saya sendiri jika memesan minuman dari bar, saya minta si bartender membuka botolnya di hadapan saya,” kata Seeff

Petuah yang kedua dari fotografer yang berbasis Oakland, California itu adalah, jangan melawan ketika dirampok warga lokal. Bagaimanapun nyawa lebih berharga dari barang bawaan, walaupun menyimpan uang ekstra di balik ikat pinggang mungkin membantu untuk saat darurat.

“Yang terakhir adalah tetap waspada. Hal ini berlaku bahkan di lingkungan yang akrab dengan anda. Kunci pintu depan, jangan menelpon sambil jalan, dan perhatikan area sekitar sebelum anda keluar dari mobil,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya