SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JAKARTA-Bila Anda datang ke tempat spa pasti tidak asing lagi dengan aromaterapi. Aromaterapi merupakan terapi yang menggunakan essential oil.

Penelitian medis menemukan bahwa aromaterapi yang terhirup akan memberi efek signifikan terhadap perasaan yang berpengaruh langsung pada otak.
Rangsangan aroma tertentu ternyata dapat menimbulkan perasaan bersemamgat, menghilangkan rasa sakit fisik, meningkatkan konsentrasi, mengatur rasa gelisah bahkan meningkatkan gairah. Berikut ini berbagai jenis aromaterapi dan manfaatnya, seperti dilansir Wolipop, Kamis (21/11/2013) :

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Lavender
Lavender merupakan bunga yang berasal dari negara Bulgari. Fungsi utama essential oil lavender adalah untuk memperlambat timbulnya kerutan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi asma dan nyeri otot.

Ekspedisi Mudik 2024

2. Fennel
Essential oil fennel atau ketumbar ternyata dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa percaya diri. Cara menggunakannya adalah dengan membakar aromaterapi di tempat khusus lalu hirup aromanya. Otak akan bekerja agar nafsu makan berkurang.

3. Jasmine
Essential oil dari bunga melati ini merupakan jenis aphrodisiac. Fungsinya untuk membangkitkan gairah bercinta dan kesuburan perempuan.

4. Juniper
Juniper atau jinten juga dapat diambil sari minyaknya sebagai essential oil. Fungsinya adalah untuk mengatasi ketombe. Cara penggunaannya adalah dengan meneteskan essential oil juniper ke shampo.

5. Manjoram
Aroma dari minyak daun manjoram efektif untuk mengatasi insomnia. Cara menggunakannya adalah dengan membakar essential oil di tempat khusus, hirup aromanya dan dalam waktu beberapa saat, orang yang menciumnya akan merasa ngantuk. Essential oil manojaram juga bisa diusapkan ke bantal.

Masih banyak lagi aromaterapi yang bermanfaat. Bagi Anda penggemar aromaterapi atau ingin mencoba terapi dengan essential oil tersebut, salah satu tempat untuk membelinya adalah di Gaya Spa, Senopati, Jakarta. Harga mulai Rp 100 ribuan.

Namun Anda perlu memperhatikan cara pemakaiannya. “Tidak semua aromaterapi bisa digunakan ke kulit. Hanya dua jenia aromaterapi yang bisa langsung terkena kulit yaitu lavender dan tea tree. Aromaterapi lainnya harus menggunakan media lain, seperti dibakar, dicampur ke lotion atau shampo,” ujar Muti Yuliarti, Business Development Gaya Spa, saat acara pengenalan aromaterapi di Gaya Spa, Senopati,Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya