SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekeringan (JIBI/Solopos/Dok.)

Kekeringan di daerah Soloraya (Foto: Dokumentasi/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Pandangan kaum skeptis mengenai pemanasan global lantaran efeknya yang memang tidak begitu cepat dirasakan oleh manusia mendorong tim ilmuwan dari University of California di Barkeley melakukan penelitian tentangnya. Dilansir usnews.com, Selasa (9/10/2012), tidak berbeda jauh dari penelitian-penelitian sebelumnya, kesimpulan dari hasil penelitian para ilmuwan di Berkeley menyebutkan pemanasan global bersifat sangat nyata. Terhitung sejak 1950-an bumi yang menjadi tempat tinggal manusia mengalami peningkatan pemanasan hingga 1°C.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengawali penelitiannya, Richard Muller bersama timnya yakni salah seorang pemenang Hadiah Nobel di bidang fisika 2011, Saul Perlmutter, mulai melakukan studi tentang suhu permukaan di dataran Berkeley. Tujuan studi tersebut adalah untuk melihat dan menilai keakuratan data temperatur lahan.

Tim juga melakukan analisis atas hasil 15 hasil studi sebelumnya serta berbagai kasus yang terjadi pada tahun 1800. Hasil kelompok itu selaras erat dengan temuan penelitian sebelumnya, termasuk yang dilakukan oleh NASA, Hadley Center, dan National Oceanic and Atmospheric Administration.

Kelompok ini menganalisis hampir semua data pada topik penelitian tentang iklim serta meneliti stasiun temperatur lima kali lebih banyak dibandingkan studi sebelumnya. Hasil penelitian selanjutnya dirilis dalam empat makalah ilmiah untuk didiskusikan dalam acara Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim berikutnya.

Selanjutnya, Muller mengatakan keprihatinan yang diajukan kaum skeptis mengenai pemanasan global secara khusus ditujukan pada efek panas perkotaan, miskinnya kualitas data stasiun temperatur  serta bias dalam seleksi data.

“Namun kejutan terbesar kami adalah bahwa hasil penelitian yang terbaru ini selaras dengan nilai-nilai pemanasan yang dipublikasikan sebelumnya,” kata Muller dalam sebuah pernyataan.

Fakta ini menegaskan bahwa penelitian yang dilakukan dengan cermat dan hati-hati tidak akan terpengaruh oleh tudingan yang disampaikan kaum skeptis.

Muller dan putrinya, Elizabeth yang turut mendirikan proyek,  berharap penelitian ini akan membantu munculnya respons dari kaum skeptis. Elizabeth Muller juga berharap temuan mereka dapat mendinginkan perdebatan mengenai pemanasan global dengan memberikan bukti-bukti sah dan meyakinkan kepada kaum skeptis.

Studi ini menyimpulkan bahwa meskipun efek panas perkotaan nyata namun kondisi tersebut tidak memberikan banyak kontribusi terhadap peningkatan temperatur tanah global mengingat luasan daerah perkotaan kurang dari satu persen dari luas lahan secara keseluruhan di bumi. Para ilmuwan juga menemukan bahwa sepertiga dari stasiun melaporkan pendinginan global namun dua pertiga menunjukkan pemanasan global

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya