Begini Cara Memanfaatkan Sudut Ruang

Solopos.com, SOLO -- Setiap ruang dalam sebuah rumah selalu mempunyai sudut. Namun sering kali sudut ruangan itu menjadi sesuatu yang tidak berfungsi atau terbuang. Terkadang hanya sekadar tempat meletakkan barang atau dibiarkan kosong.

Padahal jika Anda mau memanfaatkan sudut ruangan, selain menjadi lebih berguna juga bisa menambah keindahan ruangan. Sudut ruang tak lagi terbuang namun menjadi daya tarik sebuah ruangan. Seperti yang dilakukan Shanty,  warga Gedongan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

Ibu muda ini memilih memanfaatkan sudut ruang rumahnya menjadi tempat kerja suaminya. Sudut ruang yang diubah menjadi tempat kerja itu berada di ruang keluarga. Suami selain bisa menyelesaikan pekerjaan, juga bisa bercengkerama dengan keluarga.

“Cukup diberi meja kecil, tempat duduk, dan perangkat komputer [laptop] serta lampu, sudut ruang jadi lebih bermanfaat. Selain itu juga tidak terlihat kosong,” ujar Shanty.

Store Manager Informa Solo Paragon Life Style Mall, Muh. Zaki Hanung, mengatakan memaksimalkan ruangan di rumah minimalis sangat terasa karena ketersediaan ruang sangat terbatas.

“Kecenderungannya fokus menata ruang yang lebar, padahal sudut ruangan kendati terbatas masih bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal,” jelas Hanung.

Sudut ruangan merupakan ruangan ekstra yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Selain mempercantik ruangan, sudut tersebut juga memiliki nilai lebih. Berikut ide pemanfaatan sudut ruangan yang bisa Anda terapkan di rumah.

 

Tempat Baca

Sudut ruangan bisa dimanfaatkan sebagai tempat membaca dan menaruh koleksi buku-buku. Anda bisa mendesain atau memesan rak buku yang menempel di dinding atau pun rak buku model vertikal. Di sejumlah toko menyediakan rak buku tersebut, termasuk di Informa.

Tempat Kerja

Sejak pandemi Covid-19, memiliki tempat kerja di rumah menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi dengan adanya kebijakan work from home (WFH). Sudut ruangan bisa jadi pilihan, padukan meja dengan rak buku (sesuaikan dengan ketersediaan tempat). Bisa pula menambahkan lukisan di dinding untuk mempercantik ruangan.

Tempat Pakaian

Gunakan model lemari atau gantungan untuk tempat pakaian di sudut ruangan. Ide ini sangat cocok untuk sudut ruangan apartemen atau ruangan kamar tidur Anda. Bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang lainnya seperti sepatu atau koleksi tas.

Tempat Bersantai

Tempatkan meja makan sederhana dengan ukuran 80cm-1m untuk sudut ruangan. Model meja makan sederhana tersebut cocok untuk bersantai tentu dengan kursi yang sesuai. Anda bisa juga memanfaatkan meja dan kursi bar. Bersama pasangan bersantai di sudut ruangan sambil minum kopi atau teh.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho