SOLOPOS.COM - Anies Baswedan dalam sebuah kesempatan 8 Mei 2023 lalu. (Instagram Anies Baswedan)

Solopos.com, JAKARTA — Anggota Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Sudirman Said menyebut proses pemilihan sosok calon wakil presiden (cawapres)yang akan dipasangkan dengan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 telah selesai.

Dia memastikan bahwa Partai Demokrat tak pernah memaksakan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan, seluruh partai politik yang terlibat baik Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Nasdem mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengusulkan masing-masing calonnya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saat ini proses memilah dan memilih sudah selesai. Tinggal tunggu hari baik bagi Pak Anies untuk memutuskan dan mengumumkan,” ujarnya dalam siaran persnya, mengutip Bisnis.com, Sabtu (10/6/2023).

Selain itu, dia menegaskan semua anggota Koalisi Perubahan dan Persatuan selalu menggunakan Piagam Kerja sama sebagai pedoman. 

Piagam Kerja sama Tiga Partai itu antara lain menyatakan bahwa calon presiden (Capres) Anies Baswedan diberi mandat untuk memilih dan menetapkan calon wakil presiden sebagai pendamping dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024. 

“Sejauh ini suasana dalam rapat-rapat Tim 8 yang merupakan wakil resmi dari partai-partai dan Capres, selalu kondusif, saling support, dan saling percaya. Tidak ada suasana memaksakan kehendak, termasuk dalam membicarakan opsi-opsi bakal calon pasangan pak Anies,” tuturnya.

Dia mengamini bahwa proses pemilihan pasangan telah mendekati final. Apalagi, menurutnya partai-partai sejak awal telah bersepakat memberikan mandat kepada Capres pilihannya untuk menentukan secara mandiri.

“Karena itu tidak mungkin ada yang bisa memaksakan harus dengan nama tertentu, atau apriori menolak nama tertentu. Kami syukuri, kesepakatan ini menjadi jalan keluar yang dapat menghindari kebuntuan,” ucapnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Sudirman Said: Pengumuman Cawapres Anies Tinggal Tunggu Hari Baik”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya