SOLOPOS.COM - Sudirman (Foto: Detik.com)

Sudirman (Foto: Detik.com)

JAKARTA—Sudirman, 42, pria pembawa senjata rakitan di Mesjid Istiqlal, Jakarta, sebelum Salat Id dimulai ditangkap polisi.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

“Identitasnya dia bernama Sudirman, lengkapnya nanti dulu,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (26/10/2012).

Lanjut, Rikwanto menjelaskan, bahwa pria asal Tegal Jateng itu yang diamankan itu masih diperiksa. Rikwanto menambahkan, pria tersebut mengingap di Masjid Istiqlal sejak Kamis (25/10) malam. Hingga tadi pagi, saat petugas melakukan sterilisasi, Sudirman ditemukan dan kedapatan membawa senjata rakitan setelah melalui pengamanan metal detektor.

Sudirman ditangkap di Masjid Istiqlal sebelum pelaksanaan salat Id dimulai. Sudirman mengaku membawa senjata rakitan tersebut hanya untuk berjaga-jaga. “Tidak ada niat apa-apa karena tidak ada peluru dan hanya untuk jaga-jaga,” kata Rikwanto.

Kendati demikian, polisi tidak begitu saja mempercayai keterangannya. Petugas saat ini masih mendalami apa motivasi sesungguhnya dari Sudirman ini. “Masih didalami apa motifnya,” kata Rikwanto.

Dari Sudirman, petugas menyita sepucuk senjata rakitan yang menyerupai FN. Juga ditemukan delapan buah mur yang dibentuk menyerupai peluru dengan ujungnya yang tajam.

Selain membawa senjata rakitan, Sudirman juga ternyata membawa benda mirip anak panah.

“Kita dapatkan tiga benda mirip kepala anak panah, dua sekrup,  dua potongan batangan alumunium ukuran kecil dan satu butir biji klahar,” kata Rikwanto.

Berdasarkan foto yang didapat detikcom, Sudirman mengenakan kemeja putih dan baju kaos dalaman berwarna putih-biru. Dia juga terlihat memakai sorban berwarna kuning. Sudirman yang berkulit sawo matang itu tampak lesu saat diperiksa di Mapolda Metro Jaya.

Selain menyita senjata rakitan, semua barang yang melekat padanya juga disita. Termasuk satu dus berisi 26 buah mangga, uang sebesar Rp300.000, selembar KTP, tasbih, fotocopy akte kelahiran, kartu Astek, KTP Musiman dan kartu Osis.

Sebelumnya diberitakan, seorang laki-laki kedapatan membawa senjata api sebelum salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta. Pria bernama Sudirman tersebut langsung diamankan petugas paspamres dan petugas kepolisian yang sedang patroli di daerah tersebut.

Meski demikian, ibadah salat Id di Masjid Istiqlal yang dihadiri beberapa pejabat termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tetap berlangsung khidmat. Selain presiden SBY, salat Id kali ini dihadiri Gubernur DKI Jakarta Jokowi, Mantan Wapres Jusuf Kalla, dan beberapa Menteri KIB jilid II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya