SOLOPOS.COM - Puluhan calon haji asal Kota Madiun diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Selasa (7/6/2022). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, SOLO — Genap 30 kloter jemaah calon haji (calhaj) telah diberangkatkan ke Tanah Suci dari Asrama Haji Donohudan, Embarkasi Solo, pada Sabtu (25/6/2022). Sementara itu ada sembilan calhaj yang dipulangkan karena masalah kesehatan.

Kloter ke-30 berangkat dari Bandara Adi Soemarmo pada Jumat (24/6/2022), kloter ke-30 berasal dari Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Cilacap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan kloter ke-31 sudah diberangkatkan pada Sabtu (25/6/202) pukul 02.41 WIB. Mereka berasal dari Kabupaten Brebes, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Jepara.

Hingga hari ini, total sebanyak 10.573 calhaj sudah tiba di Arab Saudi, didampingi 120 petugas kloter selama menunaikan ibadah haji.

Baca Juga: 3 Calhaj Asal Boyolali Mengundurkan Diri Jelang Berangkat, Ini Sebabnya

Meskipun sudah memberangkatkan 31 kloter jemaah ke Arab Saudi, masih terdapat lima calhaj yang tertahan dan belum diberangkatkan karena sakit. Sebagian dirawat di RS TNI AU dan RS Moewardi. Sedangkan di Arab Saudi, total 11 Calhaj dirawat karena sakit, mereka dirawat di KKHI Makkah.

Selain itu, terdapat sembilan Calhaj yang dipulangkan karena masalah kesehatan mulai dari diabetes hingga stroke, namun juga ada Calhaj yang dipulangkan karena hamil. Kesembilan Calhaj dipulangkan dari Asrama Haji Donohudan sesuai rekomendasi dari bidang kesehatan.

“Kesembilan jemaah kami pulangkan karena sakit, stroke, diabetes melitus hingga demensia. Juga ada calhaj yang kita pulangkan karena kondisinya hamil,” ujar Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, kepada Solopos.com pada Jumat (10/6/2022).

Baca Juga: Indonesia Dipastikan Peroleh Tambahan Kuota Haji 10.000 Pada 2022

Total 15.305 Calhaj yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Perinciannya, kuota dari Jawa Tengah sebanyak 13.776 jamaah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 1.427 jamaah dan 172 petugas kloter jamaah haji. Dengan 39 kloter dari Jawa Tengah dan empat kloter dari DIY.

Dikutip dari laman resmi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), pada 2022 atau 1443 H ada total 100.051 jamaah yang akan berangkat. Dengan rincian 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 haji khusus.

 

Ralat: Terjadi kekeliruan dalam judul artikel ini. Sebelumnya artikel ini berjudul “Sudah Sampai di Arab Saudi, 9 Calhaj Asal Embarkasi Solo Dipulangkan”. Mohon maaf atas ketidaknyamanan pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya