Sudah Saatnya Perguruan Tinggi Desain Ulang Kurikulum, Ini Alasannya

Dalam seminar nasional yang digelar Universitas Surakarta (Unsa), Anggota DPR RI, Rizqinizamy Karsayuda, meminta perguruan tinggi mendesain ulang kurikulum dengan menguatkan pendidikan vokasi.

 Komisi II DPR, Rizqinizamy Karsayuda, memberikan paparan dalam seminar nasional Pembangunan Kependudukan Melalui Pendidikan Inklusif dan Berkualitas di Jawa Tengah, di Universitas Surakarta (Unsa) di Kabupaten Karanganyar, Selasa (28/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

SOLOPOS.COM - Komisi II DPR, Rizqinizamy Karsayuda, memberikan paparan dalam seminar nasional Pembangunan Kependudukan Melalui Pendidikan Inklusif dan Berkualitas di Jawa Tengah, di Universitas Surakarta (Unsa) di Kabupaten Karanganyar, Selasa (28/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sudah saatnya perguruan tinggi mendesain ulang kurikulum dengan menguatkan pendidikan vokasi. Hal ini bertujuan agar para lulusan perguruan tinggi lebih siap kerja.

Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi II DPR RI, Rizqinizamy Karsayuda, saat menjadi pembicara dalam seminar nasional yang digelar Universitas Surakarta (Unsa) di Kabupaten Karanganyar, Selasa (28/6/2022). Seminar bertema Pembangunan Kependudukan Melalui Pendidikan Inklusif dan Berkualitas di Jawa Tengah itu menghadirkan juga sejumlah pembicara lain.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Mereka adalah Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta, Astrid Widayani;  dan dosen FISIP Unsa, Samsi. Bertindak selaku moderator adalah Dekan FISIP Unsa, Yitno Puguh Martono.

Dalam acara yang digelar di aula kampus setempat itu hadir pula Bupati Karanganyar, Juliyatmono, yang menjadi pembicara kunci. Sementara Rektor Unsa, Arya Surendra, memberi pidato pembuka.

Baca Juga: Unsa Gelar Seminar Internasional, Hadirkan Pembicara dari Swiss & India

“Perguruan tinggi harus bikin meredesain dan mereformasi kurikulum untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Hidupkan educational dan vocational untuk mendekatkan mahasiswanya ke dalam dunia kerja,” ujar Rizqinizamy.

Rektor Unsa berharap dari seminar ini muncul masukan-masukan konstruktif bagi pemerintah dalam dunia pendidikan. “Kami ingin ikut membantu pemerintah pusat dengan peningkatan pendidikan inklusi. Jadi indeks pembangunan manusia tidak bisa kita lakukan sendiri, tidak bisa dilakukan secara parsial. Harus ada sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan perguruan tinggi dalam merumuskan kebijakan-kebijakan,” ujarnya.

Di sisi lain, seminar tersebut merupakan rangkaian dari Temu Regional Mahasiswa Administrasi Publik/Negara Jawa Tengah (Teras Jateng) yang sudah diselenggarakan di enam universitas. Keenam universitas itu di antaranya Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Baca Juga: UNSA Karanganyar Adakan Bakti Sosial Secara Door to Door

Kemudian ada Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Tidar Magelang, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, dan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang. Pada yahun ini giliran Unsa yang menjadi tuan rumah.

Teras Jateng merupakan forum yang menjadi titik temu Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik/Negara se-Jawa Tengah untuk menjalin silaturahmi, memperdalam keilmuan yang berhubungan dengan administrasi publik/negara. Selain itu menjadi wadah untuk saling berbagi atau bertukar pikiran antar-mahasiswa.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Wow! Seniman Boyolali Pamer Wayang dan Kain Merah Putih Raksasa

      Para seniman di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali menggelar pawai budaya untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022).

      Harga Perumahan di Wonogiri Masih Ada yang Murah Meriah Lo

      Wonogiri terus menjadi kawasan berkembang.

      Bursa Lukisan Perpusda Boyolali Jual Karya Mulai Rp500.000, Yuk Dibeli

      Komunitas seni Sapu Gerang Boyolali menggelar bursa lukisan di area parkir Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Boyolali selama sepekan, Sabtu-Sabtu (13-20/8/2022).

      Komandan Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo: Momen Perbaikan Citra

      Komandan upacara yang juga alumnus Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Ilham Muhajirin, 19, mengatakan upacara HUT Ke-77 RI menjadi perayaan ulang tahun ke-50 sekaligus momen perbaikan citra ponpes.

      Khidmat, Malam Tirakatan HUT ke-77 RI di RT 002 Klodran Indah Colomadu

      Pelaksanaan Malam Tirakatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di RT 002/RW 009 Perumahan Klodran Indah Colomadu Karanganyar berlangsung khidmat yang digelar secara offline.

      87 Penumpang Naik KRL Solo Balapan-Palur pada Hari Pertama Uji Coba

      KRL lintas Solo Balapan-Palur akhirnya mulai beroperasi tepat pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      7 Napi di LP Kelas II B Wonogiri Bebas saat HUT ke-77 RI

      Sebanyak 217 warga binaan pemasyarakatan (WBP) LP Kelas II B Wonogiri mendapat remisi kemerdekaan saat perayaan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Kali Pertama, Siapa Pencetus Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo?

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia pertama di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

      Mangkunegaran di Tengah Sejarah Perkeretaapian Indonesia

      Pengangkatan Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Agustus 2022 menjadi momentum untuk mengingat lagi sejarah perkeretapian di Indonesia yang dimulai pada 10 Agustus 1867. Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

      HUT RI, Kegagalan Paskibra Solo Terbayar Lunas saat Penurunan Bendera

      Para anggota Paskibra Solo membayar lunas kegagalan mereka dengan keberhasilan pada upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari.

      Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo, Pertama sejak 50 Tahun Berdiri

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022), menjadi yang pertama bagi mereka sejak 50 tahun berdiri.

      14 Unit RTLH di Klaten bakal Dibangun Rumah Baru, di Sini Lokasinya

      Lebih dari 1.508 unit rumah tak layak huni (RTLH) di Klaten menjadi sasaran bantuan stimulan rehab dari pemerintah.

      Pemkab Klaten Tak Gelar Karnaval saat HUT RI, Ini Gantinya

      Pemkab Klaten memilih tak menggelar karnaval budaya pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

      Peroleh Remisi Kemerdekaan, Begini Komentar Warga Binaan di LP Klaten

      Sebanyak 182 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten menerima remisi atau potongan hukuman pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

      Momen Abu Bakar Baasyir Ikuti Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo

      Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Ustaz Abu Bakar Baasyir, turut serta dalam upacara HUT ke-77 Republik Indonesia, di Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).