SOLOPOS.COM - Rektor UII Nandang Sutrisna (kiri) menyerahkan cinderamata kepada salah satu narasumber workshop penyusunan kurikulum, Jumat (10/11/2017). (Harian Jogja/Sunartono)

Hal ini untuk menjawab tantangan perkembangan zaman

Harianjogja.com, SLEMAN-Metode pembelajaran di universitas sudah saatnya beralih ke Student Center Learning (SCL). Hal ini untuk menjawab tantangan perkembangan zaman. Hal itu disampaikan dalam Workshop Penyusunan Kurikulum Program Studi S1 Akuntansi di Aula Utara Gedung Ace Partadiredja Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) Depok, Sleman, Jumat (10/11/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UII Dekar Urumsah mengatakan lebih dari 100 peserta yang mengikuti workshop berasal dari Prodi Akuntansi berbagai PTN maupun PTS seluruh Indonesia. Mereka mengikuti karena masih membutuhkan pendampingan dalam menyusun kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan International Education Standard (IES).

Baca juga : Kurikulum Akuntansi di Perguruan Tinggi Harus Ikuti Perkembangan Zaman

Para peserta diberikan trik menyusun kurikulum hingga detail sampai satuan acara perkuliahan (SAP) dan rencana pembelajaran semester (RFS) sekaligus dikaitkan metode pembelajaran. Salah satu materi dibahas yaitu metode pembelajaran Student Center Learning (SCL) yang sedang nge-tren di berbagai perguruan tinggi.

Metode ini mengedepankan mahasiswa yang aktif dengan sistem transfer ilmu dua arah, baik dari dosen ke mahasiswa maupun mahasiswa ke dosen. Melalui metode tersebut diharapkan dapat menjawab tantangan perkembangan dunia akuntasi yang terus berubah.

“Metode lama hanya satu arah harus ditinggalkan, seperti hanya datang ke kampus modal datang saja tanpa materi yang disiapkan. Tetapi kalau dengan metode SCL [student center learning], maka mahasiswa saat berangkat kuliah harus menyiapkan materi yang akan dibahas karena harus terlibat aktif,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya