SOLOPOS.COM - Taman Lansia cukup rindang dan layak dikunjungi anak muda hingga para lansia. (Solopos/Izzul Muttaqin)

Solopos.com, SOLO — Taman Lansia di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah ramai didatangi pengunjung lansia maupun anak muda nyaris setiap hari.

Sesuai namanya, rata-rata masyarakat yang datang ke Taman Lansia Solo warga lanjut usia (lansia). Ada pula anak muda yang datang, tetapi jumlahnya tidak sebanyak para lansia. Taman Lansia Solo cukup teduh karena dipenuhi pohon angsana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dika, salah seorang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengaku cukup sering datang ke Taman Lansia Solo. Pemuda 23 tahun itu datang ke Taman Lansia Solo untuk berolahraga. “Memang cukup banyak anak muda yang bersantai di sini. Rata-rata mereka berolahraga, termasuk saya,” ungkapnya kepada Solopos.com saat ditemui di Taman Lansia Solo, Jumat (25/2/2022).

Baca Juga : Taman Lansia Jebres, Spot Healing di Solo Timur

Ekspedisi Mudik 2024

Dika hampir setiap hari datang ke lokasi tersebut. “Biasanya kalau tidak pagi, ya sore hari. Kadang dari pagi hingga sore,” ujar pria asal Lombok, NTB ini.

Dika mengatakan ada sejumlah perbedaan antara Taman Lansia Solo dengan taman-taman lain di Kota Solo. Salah satunya fasilitas. “Di sini fasilitasnya memang di-design untuk lansia. Begitu juga dengan tempat-tempatnya. Kayaknya cukup aman dan nyaman untuk para lansia,” ungkapnya tanpa menyebut secara detail fasilitas yang dimaksud.

Meski demikian, bukan berarti Taman Lansia Solo tidak layak dimanfaatkan anak muda. “Memang secara khusus dibuat untuk lansia. Tapi anak muda seperti saya juga bisa berkunjung ke tempat ini. Apalagi jika ingin berolahraga. Tempatnya cocok banget,” ujarnya.

Baca Juga : Yuk Dampingi Lansia Agar Aman Berselancar Internet

Hal senada disampaikan Parjo, warga sekitar Taman Lansia Solo. Menurut pria berumur 56 tahun ini, keberadaan taman khusus lansia sangat dibutuhkan di Kota Solo. Mengingat, cukup banyak orang yang sudah lanjut usia membutuhkan tempat bersantai ataupun berolahraga.

“Seperti saya ini yang sudah cukup tua. Tentu saya senang datang ke tempat ini. Di sini santai,” ungkapnya.

Menurut Parjo, banyak lansia datang ke Taman Lansia Solo hampir setiap pagi hari. Ada yang datang untuk bersantai, ada yang datang untuk senam. “Kebetulan di sini rutin dilaksanakan senam khusus lansia. Biasanya pagi hari. Yang ikut rata-rata warga sekitar,” terangnya.

Baca Juga : Perhatikan 5 Kriteria Ini Harus Ada pada Perawat Orang Lansia

Parjo menyampaikan fasilitas pendukung olahraga bagi lansia juga memadai. Seperti, alat terapi untuk penderita rematik. “Bentuknya seperti batu-batu kecil. Biasanya diinjak-injak,” ungkap pria bertato ini.

Taman Lansia Solo jarang sepi di siang hari sebab para pengunjung biasanya pulang ketika sudah malam. “Kalau lansia-lansia, paling lama ada di sini sampai pukul 19.00 WIB. Sementara anak-anak muda, biasanya lebih malam. Bisa sampai pukul 21.00 WIB,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya