Kategori: Nasional

Sudah Masuk ke Indonesia, Virus Corona Menular dari Jarak Kurang dari 2 Meter


Solopos.com/Nugroho Meidinata/Newswire

Solopos.com, SOLO - Virus corona alias Covid-19 telah masuk ke Indonesia. Dua warga Depok, Jawa Barat (Jabar) positif terjangkit virus ini. Kini, mereka menjalani masa isolasi di RSPI Sulianto Saroso, Jakarta.

Covid-19 dikenal sebagai virus yang bisa menular dengan cepat. Penularannya terjadi antarmanusia melalui air liur maupun selaput lendir.

Dikabarkan Detik.com, Senin (2/3/2020), pakar penyakit menular University of California, San Fransisco, Charles Chiu mengatakan penularan virus corona bisa melalui air liur orang terinfeksi lewat bersin atau batuk dengan jarak kurang dari dua meter.

Komunitas Mobil FOSR Pengin Sebar Edukasi Otomotif, Enggak Cuma Nongkrong

Selain itu, jika terjadi kontak jarak dekat, misalnya berjabat tangan dan berciuman akan meningkatkan peluang seseorang terjangkit virus corona.

Penularan lainnya juga bisa melalui sentuhan dengan permukaan benda yang terpapar, contohnya pegangan pintu, saklar, meja, tiang, atau benda-benda yang pernah dipegang pasien virus corona.

Penting! Ini 10 RS Rujukan Virus Corona di Jateng

Jika permukaan benda terpapar virus corona itu disentuh tangan secara langsung dan kemudian memegang mata, mulut, atau organ lain yang mempunyai selaput lendir, orang itu akan mudah tertular.

Seperti dikutip dari Reuters, masyarakat bisa melakukan pencegahan sebagai berikut agar terhindar dari virus Covid-19:

Ini Jenis Masker untuk Cegah Penularan Virus Corona

  1. Selalu jaga kebersihan tangan, terutama sebelum memegang mulut, hidung, mata, serta setelah memegang sesuatu di tempat umum.
  2. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik lalu bilas.
  3. Saat mengeringkan tangan, gunakan handuk atau kertas tisu sekali pakai.
  4. Apabila tidak ada fasilitas untuk cuci tangan, gunakan sabun cuci tangan atau hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol 70-80 persen
  5. Pastikan menutup mulut ketika batuk dan bersin. Bila diperlukan gunakan masker bila Anda sedang dalam kondisi tidak fit, memiliki penyakit kronik dan berada di kerumunan orang
  6. Mematuhi praktik – praktik pengamanan makanan. Beberapa caranya, menghindari daging yang tidak dimasak, menyediakan makanan dengan kondisi sanitasi yang baik dan mencuci buah serta sayuran dengan benar.
  7. Menghindari kontak yang tidak perlu dengan hewan diternakkan, hewan peliharaan dan hewan liar.
  8. Apabila gejala gangguan pernapasan mulai muncul, segera berobat ke dokter, serta menggunakan masker saat mengunjungi fasilitas kesehatan.
  9. Minumlah obat bebas untuk sakit tenggorokan dan demam. Tapi jangan berikan aspirin kepada anak-anak atau remaja yang berusia kurang dari 19 tahun; gunakan ibuprofen atau acetaminophen sebagai gantinya.
  10. Pelembab ruangan atau mandi uap juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan gatal.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi