Selter Kerten, Laweyan, Solo, hingga Jumat (13/12/2019) belum ditempati pedagang meski sudah diundi. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Selter pedagang kuliner di pinggir Jl. Ahmad Yani, Kerten, Laweyan, Solo, sudah diundi untuk ditempati 44 pedagang pada pekan lalu. Meski demikian, hingga Jumat (13/12/2019)pedagang belum menempati selter tersebut.

Ketua Paguyuban Pedagang Selter Kerten, Wisnu Wijaya, kepada Solopos.com, Jumat, mengatakan selter itu terdiri atas 22 los itu yang akan dibagi dalam dua sif untuk 44 pedagang yakni pagi dan siang.

Pedagang yang akan menempati selter itu merupakan pedagang kaki lima (PKL) di Jl. Basuki Rahmat yang beberapa waktu lalu sempat ditertibkan Pemkot Solo.

Menurutnya, warga Kerten yang membuka usaha di rumah juga telah difasilitasi menempati selter. Saat ini selter telah dipasangi tanda berupa nomor beserta dua nama pedagang yang menempati.

Gibran Maju Pilkada Solo, Gus Sahal Sebut Sangat Tak Pantas!

Ia menambahkan Selter Kerten masih menyisakan beberapa persoalan yakni ruas jalan depan selter belum diaspal. Kondisi itu dikhawatirkan membuat pengunjung tidak nyaman.

Namun, hal itu telah dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk segera ditangani. Di sisi lain, akses masuk ke selter di sebelah timur berupa jembatan penyeberangan merupakan milik perseorangan.

Warga menginginkan pembangunan jembatan penyeberangan baru untuk membuka akses sebelah timur. Sementara itu, saat ini pedagang masih kebingungan membuang air sisa cucian dikarenakan saluran pembuangan air yang belum memadai.

“Beberapa fasilitas memang belum sempurna seperti lampu belum dipasang dan air yang belum mengalir. Saluran air sudah ada tapi pompa air belum terpasang, informasinya akan dipasang pompa air dan lampu dalam waktu dekat,” ujarnya.

Jubir Kemenhan: PT RUM Sukoharjo Dilarang Pakai Lambang TNI untuk Takuti Masyarakat

Pedagang lalu bersepakat menempati selter itu pekan depan. Pedagang sebenarnya sudah siap meski selter belum diresmikan oleh Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo.

Kepala Bidang PKL Dinas Perdagangan Solo, Didik Anggono, mengatakan saluran pembuangan air telah dianggarkan pada tahun depan, namun pada dasarnya Selter Kerten sudah siap untuk ditempati.

Menurutnya, penyelesaian pembangunan selter sudah dilaporkan ke Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo dan tinggal menunggu arahan untuk diresmikan. Menurutnya, pedagang merupakan warga dan PKL di wilayah Kerten.

Gibran Daftar Cawali Solo ke DPD PDIP Jateng, Rudy: Tugas Saya Sudah Selesai

Seluruh los sudah diundi dan para pedagang tinggal menempati. Ia menambahkan permintaan pedagang berupa aspal jalan dan jembatan sudah dikoordinasikan dengan dinas terkait untuk segera ditindaklanjuti.

“Pembagian los kan sudah pekan lalu, seharusnya sudah langsung ditempati, mungkin harus persiapan dulu menata meja dan sebagainya. Kalau mau ditempati sekarang tentunya boleh saja, malah saya anjurkan,” ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten