SOLOPOS.COM - Kompleks pabrik PT Rayon Utama Makmur (RUM) di Desa Plesan, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jumat (23/2/2018). (Bisnis-Dok)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sekretaris PT Rayon Utama Makmur atau RUM Sukoharjo, Bintoro Dibyoseputro, mengklaim telah membayar alat pengolah limbah H2SO4 recovery dari Tiongkok senilai kurang lebih Rp700 miliar.

Pembayaran dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas dari Bank BNI, beberapa bulan lalu. Namun, alat itu hingga kini belum juga dikirim ke PT RUM.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adanya pandemi Covid-19 membuat otoritas Negeri Tirai Bambu melarang pengiriman mesin dan spare part H2SO4 recovery itu ke Indonesia. Semestinya alat tersebut tiba di Tanah Air pada pertengahan Juli 2020 lalu.

Dari Jembatan Bacem Hingga Setan Merah, Ini 7 Mitos Seputar Sungai Bengawan Solo

Ekspedisi Mudik 2024

“Otoritas Tiongkok sangat ketat dalam mengambil kebijakan pengiriman barang ke luar negeri. Ada penundaan pengiriman mesin ke Indonesia,” tutur dia kepada Solopos.com, Kamis (20/8/2020).

Sekretaris PT RUM Sukoharjo itu memperkirakan alat pengolah limbah itu mungkin baru tiba di Indonesia pada akhir tahun ini. Itu pun jika kondisi pandemi Covid-19 di Tiongkok sudah melandai.

Kasus Konfirmasi Positif Corona Solo Disebut Punya Ekor Panjang, Begini Penjelasannya

Bintoro menambahkan pemasangan alat H2SO4 recovery merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk meningkatkan tata kelola lingkungan. Komitmen itu dilakukan dengan berbagai upaya keras untuk menghilangkan bau limbah udara.

Investasi Jangka Panjang

Alat H2SO4 recovery dipasang dua tahap. Hal ini bagian dari investasi jangka panjang untuk meminimalkan bau limbah udara yang mengganggu warga sekitar.

Dari Layanan Izin Usaha, Samsat, SIM, Hingga Paspor Ada Di Mal Pelayanan Publik Solo

Alat pengolah limbah dari China ini diyakini akan mampu mengurangi dampak bau limbah PT RUM yang selama beberapa tahun terakhir dikeluhkan warga sekitar.

Apalagi beberapa waktu terakhir, warga Kecamatan Nguter yang berada dalam radius terdekat dengan pabrik PT RUM sudah mulai memukul kentungan tanda bahaya. Mereka tidak tahan terus-terusan menghirup bau busuk limbah pabrik serat rayon tersebut.

Terduga Pelaku Kerusuhan Mertodranan Solo Ditangkap di Pedan Klaten, Warga Geger Dikira Teroris

Di sisi lain, tim investigasi untuk mencari data dan fakta terkait limbah PT RUM yang dijanjikan dibentuk sejak Januari 2020, hingga kini belum juga mulai bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya