SOLOPOS.COM - Empat mobil Toyota Innova baru hasil pengadaan menggunakan APBD Solo 2022 tiba di Kompleks DPRD Solo, Selasa (24/5/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Empat unit mobil Toyota Innova baru untuk pimpinan DPRD Solo hasil pengadaan APBD 2022 sudah tiba di Kompleks DPRD Solo, Selasa (24/5/2022). Pengadaan empat mobil itu menggunakan anggaran sekitar Rp2 miliar.

Keempat mobil itu berwarna hitam dan pada Selasa siang telah diparkir di tempat parkir khusus pimpinan DPRD Solo. Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, saat dihubungi Solopos.com melalui ponsel, Selasa, mengaku belum tahu ihwal kedatangan mobil baru itu lantaran sedang di luar kantor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun ia mengakui ada penganggaran untuk pengadaan mobil operasional pimpinan DPRD. Politikus PDIP itu juga mengaku tidak tahu persis berapa anggaran yang dialokasikan untuk pembelian empat mobil tersebut. Ihwal alasan pengadaan empat mobil baru untuk operasional pimpinan DPRD Solo, menurut Budi, karena memang dibutuhkan.

“Yang jelas yang punya wakil-wakil sudah lama, dan kondisinya sering mogok, keluaran tahun 2012-an. Punya saya paling lama. Selisih sedikit, paling satu tahun. Punya saya ya rusak, tapi tidak parah. Yang mogok punya wakil-wakil,” ujarnya.

Budi menerangkan dengan kedatangan empat mobil baru, empat mobil operasional yang lama akan ditarik atau dialihkan. Menurutnya, anggaran pengadaan empat mobil operasional itu sebenarnya bersifat fleksibel, lantaran kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Diwarnai Debat Sengit, Usulan Anggaran 4 Mobil Dinas Baru Pemkot Solo Rp2,2 Miliar Kandas!

“Dulu pernah dianggarkan saat pandemi, namun semua anggaran difokuskan untuk pemulihan ekonomi. Kemudian 2022 dipasang, tapi fleksibel kondisinya. Lihat perkembangan pandemi, bisa dialihkan. Tapi sekarang kan [kasus Covid-19] sudah landai,” tuturnya.

Pagu Anggaran

Budi menambahkan mobil baru pimpinan DPRD Solo itu untuk mendukung kegiatan-kegiatan, baik menghadiri kegiatan rapat atau pertemuan di dalam dan luar kota. “Sifatnya melekat untuk mobil operasional pimpinan,” urainya.

Mobil operasional bermerek Toyota Innova itu sama dengan mobil dinas Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Menurut Budi, hal itu untuk menyesuaikan saja.

Baca Juga: Soal Mobil Dinas Baru, Banggar DPRD Solo Klaim Hanya Bahas 3 Unit Untuk Wakil Ketua

Penuturan senada disampaikan Wakil Ketua DPRD Solo, Sugeng Riyanto, kepada wartawan, Selasa. Menurutnya, nilai pagu anggaran untuk pengadaan empat mobil pimpinan DPRD Solo sekitar Rp2 miliar.

Pengadaan mobil dinas empat pimpinan DPRD Solo dilakukan karena mobil yang selama ini digunakan dinilai semakin tidak layak dikendarai.

“Kalau mau dicek satu per satu bisa lah. Secara usia sudah tua, mobil capai itu karena ke mana-mana dan setiap hari jalan. Terutama aspek kenyamanan dan keamanan bermasalah. Misalnya kaki-kaki tidak fungsi, jadinya njeduk-njeduk,” terang Sugeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya