Tutup Iklan
Sudah 40 Hari Dirawat, 1 Pasien Positif Covid-19 Asal Wonosari Klaten Belum Sembuh
Ilustrasi petugas medis menangani pasien corona. (Antara/M Agung Rajasa)

Solopos.com, KLATEN – Jumlah total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Klaten yang masih dirawat kini berjumlah tujuh orang. Dari ketujuh pasien itu satu pasien sudah dirawat selama 40 hari terakhir.

Satu pasien itu berinisial P dari Kecamatan Wonosari. Pasien tersebut sudah menjalani rawat inap di RSD Bagas Waras sejak 18 April 2020. Pasien tersebut menjadi salah satu pasien positif Covid-19 dari Klaster Gowa.

Direktur RSD Bagas Waras Klaten, Limawan Budi Wibawa, mengatakan pasien asal Wonosari itu menjadi salah satu dari tiga pasien yang dirawat di RSD. P hingga kini masih menjalani terapi dan diisolasi di ruang isolasi khusus perawatan pasien positif Covid-19 RSD Bagas Waras Klaten.

Arab Saudi Longgarkan Lockdown, Tapi Haji dan Umrah Masih Dilarang

“Upayanya [agar pasien sembuh], kami dari dokter spesialis mengganti terapi lagi. Setelah diganti obatnya, lima hari kemudian pengambilan sampel lagi,” kata Limawan saat ditemui di Pendopo Pemkab Klaten, Rabu (27/5/2020).

Limawan menjelaskan faktor penyebab satu pasien asal Wonosari tersebut masih positif terjangkit Covid-19 masih ditelusuri petugas medis. Dimungkinkan, lamanya penyembuhan pasien itu karena faktor usia serta jenis virus.

“Kadang tergantung jenis virus dan daya tahan tubuhnya. Kebetulan [pasien asal Wonosari] ini usianya di atas 60 tahun,” urai dia.

DIJUAL CEPAT: Meja Jati Laci Kecil

Limawan mengatakan kondisi fisik pasien asal Wonosari tersebut relatif baik. Pasien itu selama ini berada di ruang isolasi serta tertib mengikuti instruksi dan saran dokter termasuk disiplin untuk minum obat. “Pasiennya patuh karena mereka memang ingin segera sembuh,” kata dia.

5 Kali Tes Swab

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan petugas medis RSD Bagas Waras Klaten sudah sekitar lima kali melakukan pengambilan sampel swab terhadap pasien tersebut.

“Hasil tes tidak lantas positif semua. Ada yang hasilnya negatif juga. Namun, untuk menjadikan pasien itu sembuh, dua kali berturut-turut hasil labnya negatif,” kata Cahyono.

Cahyono mengatakan faktor penyebab pasien itu belum kunjung sembuh dari Covid-19 masih ditelusuri. “Upayanya [agar pasien asal Wonosari segera sembuh], petugas kesehatan lebih intensif lagi, memperdalam permasalahannya apa. Untuk kondisi pasien secara umum baik. Pasien masih bisa diajak berkomunikasi dengan lancar,” urai dia.

Melonjak! WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri Tambah 52 Orang, Total Hampir 1.000

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito, sudah meminta RSD Bagas Waras berkonsultasi dengan petugas medis di tingkat provinsi serta pusat terkait kondisi pasien positif yang hingga kini belum kunjung sembuh.

“Padahal untuk pasien positif lainnya itu dua tes swab hasilnya negatif-negatif semua dan sembuh. Padahal kami juga sudah memindahkan tempat untuk mengetes. Ada faktor apa itu, kami sudah meminta direktor RSD untuk berkonsultasi menanyakan ke provinsi dan pusat,” urai dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho