Sudah 4 Hari Berlatih, Persis Solo Belum Tes Covid-19
Penggawa Persis Solo, Susanto. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Persis Solo belum menggelar tes Covid-19 untuk para pemain yang sudah tiba di Solo dari berbagai daerah. Padahal Laskar Sambernyawa sudah berlatih sejak Kamis (24/9/2020) untuk persiapan kompetisi Liga 2 2020. Belum kunjung kompletnya skuad membuat manajemen kesulitan mengagendakan tes kesehatan.

Hingga Minggu (27/9/2020), baru ada 14 pemain yang bergabung latihan. Oky Derry menjadi pemain terakhir yang tiba yakni pada Minggu pagi. Persis berharap 27 pemain bisa berkumpul maksimal Selasa (28/9/2020) agar tes Covid-19 bisa segera digelar.

Dokter tim Persis, Iwan Wahyu Utomo, mengakui latihan selama empat hari awal cukup berisiko karena pemain maupun tim pelatih belum menjalani tes kesehatan. Merujuk instruksi PT Liga Indonesia Baru (LIB), pemain wajib menjalani tes usap (swab test) sebelum mengikuti latihan perdana untuk mengantisipasi persebaran corona.

Klaster Perkantoran Sukoharjo: 8 ASN Positif Covid-19, Menara Wijaya Tutup 10 Hari

“Kalau dibilang riskan ya riskan, tapi ini jalan tengah yang harus diambil. Kalau harus menunggu tes dulu, banyak periode persiapan yang terbuang. Apalagi sampai sekarang belum semua pemain kembali ke mes,” ujar Iwan saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Jenis Tes

Pihaknya berupaya tes kesehatan dapat digelar paling lambat Selasa untuk menjaga keamanan dan kesehatan skuad. Iwan tak ingin Persis kecolongan sehingga bisa merusak persiapan tim secara keseluruhan. Disinggung jenis tes Covid-19 yang akan dipakai Persis Solo, Iwan mengusulkan tes usap (swab test).

“Itu sesuai arahan PT LIB bagi pemain yang baru tiba dari luar kota. Saya enggak mau berjudi dengan rapid test karena kalau sudah kecolongan [ada pemain positif Covid-19 tidak terdeteksi], itu pengaruhnya pada persiapan dan kredibilitas tim. Namun keputusan di manajemen, sampai sekarang saya masih tetap mengusulkan swab.”

Gemolong Pemasok Terbesar Anjing di Soloraya, Ini Tempat Penampungannya

Sebelumnya Manajer Persis, Hari Purnomo, mengatakan pemain yang baru datang hanya akan menjalani rapid test. Hari beralasan swab test bisa semakin memotong persiapan latihan karena butuh dua-tiga hari untuk menunggu hasilnya.

Dikonfirmasi ulang mengenai tes Covid-19, Hari menyerahkan pada tim dokter. “Ya nanti dilihat kebutuhannya. Namun hemat kami cukup rapid karena persiapan sudah mepet,” ujarnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom